Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JK Rowling Dilaporkan Polisi Terkait Komentar Transgender

Kompas.com - 08/03/2024, 10:58 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

LONDON, KOMPAS.com - Polisi Inggris mengatakan pada Kamis (7/3/2024) bahwa mereka telah menerima pengaduan setelah seorang penyiar transgender melaporkan JK Rowling kepada mereka atas komentar yang dibuat penulis "Harry Potter" itu di media sosial.

India Willoughby, pembaca berita transgender pertama di Inggris, menuduh Rowling melakukan kejahatan kebencian atas pernyataan yang ditulis penulisnya di X pekan ini.

Rowling menolak tuduhan tersebut, dengan mengatakan bahwa menganut pandangan kritis gender bukanlah suatu kejahatan.

Baca juga: Ribuan Warga Bangladesh Unjuk Rasa Pengakuan Transgender di Buku Pelajaran Sekolah

"Saya menghubungi kepolisian Northumbria kemarin ... Saya telah melaporkan JK Rowling ke polisi atas perkataannya," kata Willoughby dalam wawancara dengan penerbit berita independen Byline Times yang diposting di X, dilansir dari Reuters.

"Menyebut seorang transgender sebagai laki-laki, bahkan walau dengan sengaja mengetahui bahwa orang tersebut adalah seorang perempuan adalah tindakan yang sangat menyinggung," tambahnya.

Penulis itu telah menjadi tokoh kontroversial dalam isu-isu transgender dan definisi tentang apa artinya menjadi seorang perempuan.

Baca juga: Pria Transgender Hamil jadi Sampul Majalah Mode Inggris

Sikapnya menimbulkan kritik keras dari beberapa aktivis transgender, namun mendapat dukungan vokal dari beberapa aktivis hak-hak perempuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com