Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Serang Ukraina dengan Tembakan Berat

Kompas.com - 19/02/2024, 21:13 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber AFP

KYIV, KOMPAS.com - Rusia menyerang Ukraina dengan tembakan berat di wilayah selatan Zaporizhzhia. Hal itu dikatakan tokoh militer Ukraina pada Senin (19/2/2024).

Pasukan Rusia kembali melakukan serangan di Ukraina timur dan selatan, hingga memaksa pasukan Ukraina untuk mundur dari kota Avdiivka di wilayah Donetsk timur.

Dikutip dari AFP, Komandan senior Ukraina Oleksandr Tarnavsky mengatakan, Rusia kini melancarkan beberapa serangan di dekat desa Robotyne, salah satu dari sedikit tempat di mana Ukraina berhasil merebut kembali wilayahnya selama serangan balasan tahun lalu.

Baca juga: Putin: Ukraina, Masalah Hidup dan Mati bagi Rusia

"Rusia berusaha untuk maju dengan kelompok penyerangan kecil dan melibatkan beberapa unit kendaraan lapis baja," katanya dalam sebuah posting Telegram.

"Upaya untuk merebut kembali ini dihentikan, musuh dilenyapkan di pinggiran Robotyne," ungkap Tarnavsky, yang memimpin pasukan Ukraina di wilayah tersebut, dalam sebuah postingan di Telegram.

Sedangkan laporan dari blogger militer Rusia sebelumnya mengatakan pasukan Moskwa berada di tepi selatan desa tersebut.

"Situasinya dinamis di sini, musuh melancarkan tembakan berat," kata juru bicara militer Ukraina Dmytro Lykhoviy pada Senin pagi di TV pemerintah.

Seperti banyak pemukiman di Ukraina timur, Robotyne telah rata dengan tanah akibat tembakan artileri selama berbulan-bulan.

Pertahanan Ukraina melemah dalam beberapa pekan terakhir karena kekurangan amunisi dan pasukan.

Lykhoviy mengatakan Rusia berkumpul kembali setelah Ukraina menarik diri dari Avdiivka dan mungkin akan mengirim unit ke sektor lain.

Baca juga: Ukraina Selidiki Laporan Rusia Tembak Tentara Kyiv yang Ditangkap

Presiden Rusia Vladimir Putin memuji perebutan Avdiivka sebagai kemenangan penting bagi pasukannya, hanya beberapa hari sebelum peringatan dua tahun invasi Rusia pada 24 Februari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com