Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Serang 11.000 Target Milik Hamas di Gaza

Kompas.com - 01/11/2023, 17:50 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

GAZA, KOMPAS.com - Militer Israel pada Rabu (1/11/2023) mengatakan, pasukannya sudah menyerang lebih dari 11.000 target milik Hamas di Jalur Gaza sejak pecahnya perang terbaru.

Sejak awal perang, IDF (Pasukan Pertahanan Israel) menyerang lebih dari 11.000 sasaran di Jalur Gaza, demikian pernyataan militer yang dikutip kantor berita AFP.

Gaza dalam beberapa hari terakhir mengalami pertempuran sengit antara pasukan darat Israel dan kelompok Hamas.

Baca juga: Apa Tujuan Akhir Invasi Darat Israel ke Gaza?

Israel menekankan misinya untuk menghancurkan Hamas setelah serangan kelompok itu sejak 7 Oktober 2023 menewaskan 1.400 orang di Israel, sebagian besar warga sipil termasuk wanita, anak-anak, dan orangtua.

Kemudian, Israel membalasnya dengan serangan udara tanpa henti. Menurut Kementerian Kesehatan di Gaza yang dikuasai Hamas, korban tewas mencapai 8.500 warga Palestina yang dua pertiganya adalah wanita dan anak-anak.

Israel juga menghadapi rentetan serangan udara setiap hari dari Hamas dan kelompok-kelompok lain yang didukung Iran di Timur Tengah.

Baca juga:

Kelompok Houthi di Yaman pada Selasa (31/10/2023) menembakkan sejumlah besar rudal balistik dan banyak drone bersenjata ke arah Israel.

Militer Israel mengatakan, intrusi pesawat musuh membunyikan sirene peringatan di Eilat dan sebuah rudal darat-ke-darat berhasil dicegat.

Sementara itu di utara, Israel hampir setiap hari saling serang dengan gerakan Hezbollah di Lebanon yang didukung Iran.

Baca juga: Kelompok Houthi di Yaman Ikut Serang Israel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com