Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-604 Serangan Rusia ke Ukraina: Avdiivka Lanjut Digempur | Rusia Tak Terima Pidato Biden

Kompas.com - 21/10/2023, 12:28 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

KYIV, KOMPAS.com – Masih ada beberapa hal baru yang terjadi mewarnai perang Rusia-Ukraina hari ke-604 pada Jumat (20/10/2023).

Ini termasuk, Militer Ukraina mengatakan, Rusia telah meningkatkan serangan militernya terhadap Avdiivka dalam upayanya untuk mengepung dan merebut kota di Ukraina timur itu.

Sementara itu, Kremlin mengecam pidato Presiden AS Joe Biden yang membandingkan Rusia dengan Hamas dan menyebut Vladimir Putin sebagai "tiran".

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-603 Serangan Rusia ke Ukraina: Putin Kecam Kiriman Rudal AS | Kontroversi Jabat Tangan PM Hongaria-Putin

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman serangan Rusia ke Ukraina hari ke-604 yang dapat Anda simak:

Rusia melanjutkan serangan terhadap Avdiivka

Staf Umum Militer Ukraina pada Jumat mengatakan, Rusia telah meningkatkan serangan militernya terhadap Avdiivka dalam upayanya untuk mengepung dan merebut kota di Ukraina timur itu.

Kota Avdiivka telah menjadi pusat pertempuran sengit dalam beberapa pekan terakhir, ketika pasukan Ukraina maupun Rusia berjuang untuk maju di garis depan.

“Musuh telah melanjutkan tindakan ofensif dan tidak berhenti berusaha mengepung Avdiivka,” staf umum Ukraina melaporkan dalam pengarahan pada Jumat pagi, sebagaimana dikutip dari AFP.

Avdiivka telah menjadi simbol perlawanan Ukraina sejak 2014, setelah sempat jatuh ke tangan kelompok separatis yang didukung Rusia.

Letaknya hanya 15 kilometer  dari kota Donetsk yang dikuasai Moskwa, ibu kota wilayah Donetsk yang menurut Rusia telah dianeksasi pada September lalu.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-602 Serangan Rusia ke Ukraina: Putin Akan ke Asia Tenggara | Lavrov ke Korut

IOC tepis tuduhan Putin

Komite Olimpiade Internasional pada Jumat dengan tegas menepis tuduhan Presiden Rusia Vladimir Putin bahwa mereka menggunakan “diskriminasi etnis” terhadap atlet Rusia dan Belarus jelang Olimpiade Paris 2024.

Putin pada Kamis (19/10/2023) mengecam IOC karena berpotensi menggunakan Olimpiade tersebut "sebagai instrumen tekanan politik terhadap orang-orang yang tidak ada hubungannya dengan politik."

IOC menampik tuduhan tersebut.

"Partisipasi dalam Olimpiade sama sekali bukan hak asasi manusia dan amandemen Piagam Olimpiade baru-baru ini tidak ada hubungannya dengan hal itu... Kami dengan tegas menepis tuduhan yang dibuat bahwa tindakan ini merupakan 'diskriminasi etnis'," kata IOC dalam sebuah pernyataan.

Zelensky puji pidato Biden dalam mendukung Ukraina

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Jumat memuji pidato Joe Biden dalam mendukung perjuangan negaranya melawan Rusia.

“Ukraina berterima kasih atas semua dukungan AS dan keyakinan teguhnya bahwa humanisme, kebebasan, kemerdekaan, dan tatanan internasional berbasis aturan harus selalu menang,” kata Zelensky dalam sebuah postingan di media sosial.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com