Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari ke-598 Serangan Rusia ke Ukraina: Kota Avdiivka Diporak-porandakan Rusia | Drone Ukraina Ditembak di Atas Laut Hitam

Kompas.com - 15/10/2023, 07:27 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Al Jazeera

KYIV, KOMPAS.com - Kota Avdiivka hancur lebur digempur Rusia. Drone penyerang Ukraina ditembak di laut hitam.

Itulah sejumlah informasi dalam rangkuman hari ke-598 serangan Rusia ke Ukraina Sabtu (14/10/2023).

Dilansir dari Al Jazeera, berikut rangkuman selengkapnya.

Baca juga: Kemenhan Inggris: Jeda Serangan Rusia di Ukraina untuk Hemat Stok Rudal

Pertempuran

- Pertempuran berlanjut di kota Avdiivka di Ukraina timur, dan Rusia menyerangnya selama empat hari berturut-turut. Vitaliy Barabash, kepala administrasi militer kota tersebut, mengatakan kepada televisi nasional Ukraina bahwa kota tersebut, yang terkenal dengan pabrik kokasnya yang besar, terbakar seluruhnya. Rumah sakit, gedung administrasi, dan pusat sukarelawannya diserang.

- Moskwa mengatakan bahwa mereka telah menembak jatuh dua drone penyerang di atas Laut Hitam di kota resor selatan Sochi, yang sejauh ini sebagian besar terhindar dari serangan drone Ukraina selama berbulan-bulan di kota-kota Rusia.

- Di wilayah timur Ukraina, Donetsk, tempat pertempuran sengit berlanjut selama berbulan-bulan, penjabat Gubernur wilayah tersebut Ihor Moroz mengatakan pada hari Sabtu bahwa penembakan Rusia terhadap pemukiman sipil telah menyebabkan 22 warga sipil terluka selama 24 jam terakhir.

Politik dan Diplomasi

- Presiden Rusia Vladimir Putin, yang baru-baru ini melakukan perjalanan luar negeri pertamanya sejak Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengeluarkan surat perintah penangkapannya atas tuduhan kejahatan perang, diperkirakan akan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping, yang ia sebut sebagai teman baik. Beijing akan menjadi tuan rumah bagi 130 negara pada 17-18 Oktober untuk memperingati satu dekade Inisiatif Sabuk dan Jalan (BRI).

- Para pemimpin Uni Eropa diperkirakan akan bertemu akhir bulan ini untuk menuntut kemajuan yang menentukan dalam penggunaan aset Rusia yang dibekukan akibat sanksi untuk membantu Ukraina.

Baca juga: AS: Korea Utara Kirim 1.000 Kontainer Militer ke Rusia untuk Perang di Ukraina

- Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengadakan konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, yang mengunjungi kota pelabuhan Laut Hitam Odesa.

Baca juga: Tentara Perempuan Ukraina Keluhkan Masalah Diskriminasi

- Kementerian Kehakiman Rusia telah menyatakan kepala organisasi advokasi tahanan Rusia, bersama 11 jurnalis dan aktivis lainnya, sebagai agen asing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com