Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Bola Wanita Spanyol Akhiri Boikot Pascainsiden Cium Bibir Rubiales

Kompas.com - 20/09/2023, 15:45 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

MADRID, KOMPAS.com - Skuat pemenang Piala Dunia Spanyol setuju mengakhiri boikot mereka terhadap tim nasional lebih awal pada Rabu (20/9/2023) setelah federasi sepak bola negara itu (RFEF) mengatakan akan membuat perubahan besar dan cepat pada strukturnya.

Keputusan tersebut dicapai sekitar pukul 5 pagi setelah lebih dari tujuh jam pertemuan di sebuah hotel di Oliva, satu jam dari Valencia, yang melibatkan para pemain, pejabat RFEF, Dewan Olahraga Nasional (CSD) dan serikat pemain wanita FUTPRO.

Para pemain mengatakan bahwa mereka tidak akan bermain mewakili Spanyol sampai ada perubahan lebih lanjut di federasi.

Baca juga: Federasi Sepak Bola Spanyol Resmi Minta Luis Rubiales Mundur Buntut Cium Paksa Pemain

Hal ini memperdalam krisis yang dimulai setelah mantan bos (RFEF) Luis Rubiales mencium Jenni Hermoso di bibirnya saat upacara penyerahan Piala Dunia.

"Sebuah komisi bersama akan dibentuk antara RFEF, CSD dan para pemain untuk menindaklanjuti kesepakatan yang akan ditandatangani besok," kata Presiden CSD Victor Francos, seperti dilansir dari Reuters.

"Para pemain telah menyatakan keprihatinan mereka tentang perlunya perubahan besar dalam RFEF, yang telah berkomitmen untuk segera melakukan perubahan ini," tambahnya.

Baik Francos maupun Rafael del Amo, presiden komite RFEF untuk sepak bola wanita, tidak mau menjelaskan lebih lanjut mengenai perubahan yang akan dilakukan, hanya mengatakan bahwa hal itu akan segera diumumkan.

"Para pemain melihatnya sebagai perbaikan posisi. Ini adalah awal dari jalan panjang yang menanti kami," kata presiden FUTPRO Amanda Gutierrez.

Baca juga: Buntut Cium Pemain Wanita, FIFA Skors Presiden Bola Spanyol

"Sekali lagi, mereka telah menunjukkan diri mereka sebagai tim yang kompak dan sebagian besar memutuskan untuk bertahan demi kesepakatan ini," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com