Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Rusia Diserang Drone, Pesawat-pesawat Rusak

Kompas.com - 30/08/2023, 08:20 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP,TASS

MOSKWA, KOMPAS.com - Sebuah bandara Rusia di wilayah Pskov, dekat perbatasan dengan Estonia menjadi sasaran serangan drone.

Gubernur Pskov Mikhail Vedernikov pada Rabu (30/8/2023), mengatakan serangan tersebut menyebabkan beberapa pesawat mengalami kerusakan.

Dia mengunggah sebuah video di Telegram yang memperlihatkan kebakaran besar dalam insiden itu, dengan suara ledakan dan sirene sebagai latar belakangnya.

Baca juga: Bandara Rusia Tangguhkan Penerbangan, Ada Laporan Obyek Tak Dikenal

Vedernikov mengaku berada di lokasi serangan.

"Sebuah serangan drone telah ditangkis di Bandara Pskov," tulis Vedernikov, sebagaimana dikutip dari AFP.

Dia menambahkan, pihak berwenang setempat sedang menilai kerusakan yang terjadi.

Vedernikov memastikan tidak ada korban jiwa dalam isiden drone serang bandara Rusia tersebut.

Pskov terletak sekitar 800 kilometer dari perbatasan Ukraina. Wilayah ini berbatasan dengan negara anggota Uni Eropa, Latvia dan Estonia.

Belum ada komentar langsung dari Kementerian Pertahanan Rusia terkait serangan drone tersebut. Namun, empat pesawat angkut berat dilaporkan telah mengalami kerusakan.

"Semua penerbangan pad  Rabu di bandara itu dibatalkan, hingga sifat kerusakan yang mungkin terjadi pada landasan pacu diklarifikasi," tulis Vedernikov.

Menutip keterangan dari Layanan Darurat Rusia, Kantor berita Pemerintah Rusia, TASS, melaporkan empat pesawat angkut berat Ilyushin Il-76 telah rusak akibat serangan drone di bandara. 

Baca juga: Ukraina Masuk ke Garis Pertahanan Rusia di Dekat Desa Robotyne

Mengutip layanan lalu lintas udara, TASS juga melaporkan bahwa wilayah udara di atas bandara Vnukovo, Moskwa, telah ditutup.

Wilayah Pskov sebelumnya menjadi sasaran serangan pesawat tak berawak pada bulan Mei.

Moskwa dan wilayah Rusia lainnya telah menjadi sasaran serangan drone Ukraina dalam beberapa pekan terakhir setelah Kyiv bersumpah pada musim panas ini untuk mengembalikan konflik tersebut ke Rusia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com