Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Resmi Mengonfirmasi Yevgeny Prigozhin Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

Kompas.com - 27/08/2023, 18:01 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Bos Wagner, Yevgeny Prigozhin, terkonfirmasi tewas dalam kecelakaan pesawat di Rusia yang terjadi pada Rabu (23/8/2023).

Komite Investigasi Rusia pada Minggu (27/8/2023), mengatakan kematian Yevgeny Prigozhin, dalam kecelakaan pesawat telah dikonfirmasi oleh analisis genetik resmi.

"Menurut hasil analisis, identitas ke-10 korban sudah diketahui, mereka sesuai dengan daftar yang tertera dalam daftar penerbangan," kata Komite tersebut, dikutio dari AFP.

Baca juga: 10 Jenazah dalam Kecelakaan Pesawat Wagner Ditemukan, Identitas Masih Didalami

Sebelumnya, kabar kematian Prigozhin belum jelas.

Para penyelidik Rusia pada Jumat (25/8/2023), mengatakan telah menemukan perekam data penerbangan dan sepuluh jenazah dari lokasi kecelakaan pesawat yang diduga turut menewaskan Prigozhin.

Namun, mereka memutuskan untuk melakukan analisis genetik molekuler lebih dulu untuk menentukan identitas pasti para korban.

Kremlin sendiri telah menepis rumor yang beredar bahwa pihaknya telah memerintahkan pembunuhan bos Wagner Yevgeny Prigozhin.

Rumor adanya kesengajaan dalam kecelakaan pesawat yang ditumpangi bos Wagner tersebut menguat mengingat Prigozhin adalah otak pemberontakan terhadap kepemimpinan militer Rusia beberapa waktu lalu.

"Ada banyak spekulasi seputar kecelakaan pesawat dan kematian tragis para penumpang, termasuk Yevgeny Prigozhin. Tentu saja, di Barat, spekulasi ini disajikan dari sudut pandang tertentu. Semua ini adalah kebohongan mutlak," kata Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada para wartawan dalam sebuah konferensi pers, Jumat.

Baca juga:

Kecelakaan pada Rabu itu memang terjadi tak lama setelah Prigozhin memimpin pemberontakan mematikan terhadap para petinggi Moskwa.

Itu kerusuhan yang dipandang oleh para pengamat sebagai ancaman terbesar bagi pemerintahan Presiden Vladimir Putin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com