Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Jalur Baru, Kapal Kargo Sipil Kedua Ukraina sampai di Perairan Aman

Kompas.com - 28/08/2023, 11:14 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

ODESSA, KOMPAS.com - Kapal kargo sipil kedua Ukraina pada Minggu (27/8/2023) telah mencapai perairan aman setelah meninggalkan pelabuhan Odessa.

Ukraina pada awal Agustus 2023 mengumumkan jalur perairan baru setelah Rusia keluar dari kesepakatan jalur aman ekspor biji-bijian dari Laut Hitam.

“Kapal kedua mencapai perairan Romania setelah berhasil melewati koridor sementara kami di Laut Hitam,” kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky melalui media sosial, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga: Kapal Kargo Ukraina Mulai Gunakan Koridor Baru untuk Ekspor Biji-bijian

Dia menambahkan, kapal berbendera Liberia bernama PRIMUS itu membawa baja yang ditujukan untuk pasar Afrika.

“Saya berterima kasih kepada semua orang yang memungkinkan hal ini, pekerja pelabuhan kami, para pejuang kami, dan semua orang yang membela kebebasan,” imbuhnya.

Pengumuman ini keluar ketika Rusia mengerahkan jet tempur untuk mengawal pesawat pengintai angkatan udara AS menjauh dari perbatasannya di Laut Hitam.

Baca juga:

Baik Rusia maupun Ukraina meningkatkan aktivitas militer di Laut Hitam sejak berakhirnya kesepakatan ekspor biji-bijian yang ditengahi PBB.

Rusia menggempur infrastruktur pelabuhan Ukraina di laut dan sungai Danube, sementara Kyiv menyerang kapal-kapal Moskwa di perairannya dan semenanjung Crimea.

Adapun kapal kargo pertama Ukraina yang menggunakan jalur pelayaran baru Laut Hitam meninggalkan Odessa pekan lalu.

Baca juga: Putin: Rusia Akan Gantikan Ukraina untuk Ekspor Biji-bijian ke Afrika

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com