Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Niat PBB Kunjungi Bendungan Kakhovka Temui Banyak Kendala

Kompas.com - 20/06/2023, 13:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber

KYIV, KOMPAS.com - Juru bicara Kremlin mengatakan Senin (19/6/2023) bahwa pekerja bantuan PBB yang ingin mengunjungi daerah-daerah yang rusak akibat runtuhnya bendungan Kakhovka baru-baru ini di Ukraina selatan tidak dapat pergi ke sana.

Ini karena masih adanya pertempuran dalam perang yang membuat area itu tidak aman.

Perserikatan Bangsa-Bangsa menegur Moskwa pada hari Minggu (18/6/2023) karena diduga menolak akses pekerja bantuan ke daerah-daerah yang diduduki Rusia di mana penduduk terdampar di tengah kehancuran.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-480 Serangan Rusia ke Ukraina: Bantuan Diduga Tersendat | Mobil Peledak Bendungan

Dilansir dari Associated Press, Koordinator kemanusiaan PBB untuk Ukraina, Denise Brown, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa stafnya terlibat dengan Kyiv dan Moskwa, yang menguasai berbagai bagian wilayah itu, dalam upaya menjangkau warga sipil yang membutuhkan.

Mereka menghadapi kekurangan air minum dan makanan serta kekurangan tenaga.

Brown mendesak otoritas Rusia untuk bertindak sesuai dengan kewajiban mereka di bawah hukum humaniter internasional dan membiarkan mereka masuk.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov tidak secara eksplisit mengakui bahwa Rusia telah memblokir akses PBB, tetapi mengatakan dalam konferensi dengan wartawan bahwa serangan Ukraina membuat kunjungan terlalu berisiko.

“Telah terjadi penembakan terus-menerus, provokasi terus-menerus, fasilitas sipil dan penduduk sipil diserang, orang tewas, jadi sangat sulit untuk memastikan keamanan mereka,” kata Peskov.

Komentarnya muncul di tengah berbagai catatan oleh para penyintas tentang kualitas bantuan yang diberikan Rusia di wilayah yang dikontrolnya.

Bendungan itu terletak di Sungai Dnieper, yang membentuk garis depan antara pasukan Rusia dan Ukraina di tepi timur dan barat.

Baca juga: Mobil Bawa Bahan Peledak Sempat Muncul di Bendungan Kakhovka Ukraina Sebelum Meledak

Banyak pengungsi dan penduduk menuduh pihak berwenang Rusia melakukan sedikit atau tidak melakukan apa pun untuk membantu.

Beberapa warga sipil mengatakan bahwa para pengungsi terkadang dipaksa untuk menunjukkan paspor Rusia jika mereka ingin pergi.

Di pihak Ukraina, penyelamat menantang penembak jitu Rusia saat mereka bergegas untuk mengangkut warga Ukraina keluar dari zona banjir yang diduduki Rusia.

Baca juga: Media AS Beberkan Bukti Rusia Ledakkan Bendungan Kakhovka Ukraina

Menteri Dalam Negeri Ukraina Ihor Klymenko mengatakan Senin bahwa jumlah korban tewas akibat runtuhnya bendungan telah meningkat menjadi 18 orang, 14 orang tenggelam dan empat orang luka tembak yang diderita selama evakuasi. Lebih lanjut 31 orang hilang, katanya.

Kantor kepresidenan Ukraina mengatakan Senin bahwa wilayah Kherson yang terkena banjir telah mengalami 35 serangan Rusia selama 24 jam sebelumnya.

Ledakan itu terjadi saat Ukraina mengerahkan serangan balasan. Pasukan Kyiv telah mengintensifkan serangan di sepanjang garis depan 1.000 kilometer (600 mil) baru-baru ini.

Baca juga: PBB Tuduh Rusia Blokir Bantuan ke Daerah Terdampak Jebolnya Bendungan Kakhovka

Beberapa analis melihat jebolnya bendungan sebagai upaya Rusia untuk menggagalkan serangan balik Ukraina di wilayah Kherson.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com