Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelajahi Reruntuhan Titanic, Kapal Selam Bawa Wisatawan Dilaporkan Hilang

Kompas.com - 20/06/2023, 08:45 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Kapal dan pesawat AS dan Kanada pada Senin (19/6/2023) mencari kapal selam yang hilang sehari sebelumnya di lepas pantai tenggara Kanada.

Kapal selam itu dilaporkan membawa wisatawan untuk menjelajahi reruntuhan Titanic.

Penjaga Pantai AS mengatakan ada satu pengemudi dan empat penumpang di dalamnya.

Baca juga: Video Langka Bangkai Titanic Dirilis, Tenggelam di Dasar Samudera Atlantik

Dilansir dari Reuters, kapal itu memiliki kapasitas berada di bawah air selama 96 jam, tetapi tidak jelas apakah kapal masih di bawah air atau telah muncul ke permukaan dan tidak dapat berkomunikasi.

Kapal dan pesawat AS dan Kanada telah mengepung daerah sekitar 900 mil (1.450 km) timur Cape Cod.

Beberapa menjatuhkan pelampung sonar yang dapat memantau hingga kedalaman 13.000 kaki (3.962 meter), Laksamana Penjaga Pantai AS John Mauger mengatakan kepada wartawan di Senin.

"Ini adalah daerah terpencil dan merupakan tantangan untuk melakukan pencarian di sini," kata Mauger.

"Kami mengerahkan semua aset yang tersedia untuk memastikan bahwa kami dapat menemukan kapal itu dan menyelamatkan orang-orang di dalamnya," katanya.

"Malam ini kami akan terus menerbangkan pesawat dan memindahkan kapal tambahan," tambahnya.

Mauger mengatakan para pejabat juga telah menghubungi kapal komersial untuk meminta bantuan.

Baca juga: Titanic Versi Nazi, Film Propaganda Termahal Berujung Tragedi

Perusahaan swasta yang mengoperasikan kapal selam, OceanGate Expeditions, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin bahwa pihaknya memobilisasi semua opsi untuk menyelamatkan mereka yang ada di dalamnya.

Miliarder Inggris Hamish Harding termasuk di antara penumpang, menurut sebuah posting media sosial dari seorang kerabat.

Penjaga Pantai AS mengatakan sebelumnya di Twitter bahwa sebuah kapal di permukaan, kehilangan kontak dengan kapal selam, yang disebut Titan, sekitar satu jam dan 45 menit setelah mulai menyelam menuju lokasi reruntuhan Titanic pada Minggu (18/6/2023) pagi.

Baca juga: 25 Tahun Titanic, Ending Jack Tewas Terus Diteliti Secara Ilmiah

"Kami sangat berterima kasih atas bantuan ekstensif yang kami terima dari beberapa lembaga pemerintah dan perusahaan laut dalam dalam upaya kami untuk membangun kembali kontak dengan kapal selam," kata OceanGate

Anak tiri Harding menulis di Facebook bahwa Harding telah hilang di kapal selam. Dia lantas meminta doa, tapi kemudian menghapus postingan tersebut dengan alasan menghormati privasi keluarga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com