Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari ke-472 Serangan Rusia ke Ukraina: Greta Thunberg Tuduh Rusia Ledakkan Bendungan, Iran Disebut Bantu Bangun Pabrik Drone Rusia

Kompas.com - 11/06/2023, 06:45 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Al Jazeera

KYIV, KOMPAS.com - Berikut rangkuman hari ke-472 serangan Rusia ke Ukraina, Sabtu (10/6/2023), dilansir dari Al Jazeera.

Ledakan Bendungan Kakhova

- Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan bahwa Rusia bertanggung jawab atas ledakan bendungan Kakhovka.

Baca juga: AS Yakin Iran Bantu Bangun Pabrik Drone Rusia untuk Serang Ukraina

- Satelit mata-mata Amerika Serikat mendeteksi ledakan di bendungan Kakhovka sebelum runtuh. Pejabat itu mengatakan satelit dengan sensor infra merah mendeteksi tanda panas yang konsisten dengan ledakan yang signifikan.

- Presiden Zelensky mengunjungi daerah banjir di Ukraina. Evakuasi orang-orang di daerah yang terkena banjir akibat runtuhnya bendungan juga terus dilakukan. Sedikitnya lima orang dinyatakan tewas.

- Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan kepada Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bahwa Jepang akan memberikan bantuan kemanusiaan darurat senilai sekitar 5 juta dollar AS setelah penghancuran bendungan Nova Kakhovka, kata seorang juru bicara pemerintah Jepang.

- Aktivis iklim Swedia Greta Thunberg menuduh Rusia menyebabkan runtuhnya bendungan di Ukraina, menyebutnya sebagai tindakan "ekosida".

Situasi Perang

- Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Ukraina telah memulai serangan balasan yang diharapkan terhadap pasukan Rusia tetapi tidak berhasil.

- Kementerian pertahanan Rusia melaporkan menangkis serangan Ukraina di wilayah tenggara Zaporizhia dan menggagalkan upaya berulang kali oleh tentara Ukraina minggu ini untuk menerobos garis depan.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-471 Serangan Rusia ke Ukraina: Serangan Balasan Ukraina Dimulai, Drone Hantam Voronezh Rusia

- Seorang juru bicara kelompok pasukan Vostok Rusia mengatakan 13 tank Ukraina hancur dalam pertempuran di wilayah Zaporizhia, dan delapan di wilayah Donetsk.

- Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Hanna Maliar mengatakan situasi di garis depan tegang dan pertempuran sengit terkonsentrasi di wilayah Donetsk di timur.

- Rusia melepaskan serangan udara ke Ukraina dalam semalam, menewaskan setidaknya satu orang dalam serangan gabungan rudal jelajah dan serangan drone, menurut pihak berwenang Ukraina.

Bantuan Militer

- Rusia telah menerima bahan dari Iran untuk membangun pabrik drone, kata juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby.

Baca juga: Putin Sebut Serangan Balasan Ukraina Telah Dimulai, tapi...

Diplomasi

- Islandia akan menangguhkan operasi kedutaan di Moskwa mulai 1 Agustus dan telah meminta Rusia untuk mengurangi kegiatan diplomatiknya di Reykjavik, kata kementerian luar negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com