Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Balik Ukraina Dibantu Tank Barat Dilaporkan Terjadi di Orikhiv

Kompas.com - 09/06/2023, 21:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

KYIV, KOMPAS.com - Rusia melaporkan pertempuran sengit di sepanjang garis depan di Ukraina selatan pada hari Jumat (9/6/2023).

Saksi mata dalam blog menggambarkan penampakan pertama kendaraan lapis baja Jerman dan AS.

Hal ini menandakan bahwa serangan balik yang telah lama diantisipasi Ukraina sedang berlangsung.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-470 Serangan Rusia ke Ukraina: Lokasi Banjir Dibombardir, Kremlin Peringatkan Konsekuensi Ledakan Pipa Amonia

Dengan hampir tidak ada pelaporan independen dari garis depan dan Kyiv tetap diam pada rencananya, tidak mungkin untuk menilai apakah Ukraina berhasil menembus pertahanan Rusia untuk mengusir pasukan pendudukan.

Dilansir dari Reuters, serangan balasan tersebut pada akhirnya diharapkan melibatkan ribuan pasukan Ukraina yang dilatih dan diperlengkapi oleh Barat.

Rusia, yang memiliki waktu berbulan-bulan untuk mempersiapkan garis pertahanannya, mengatakan telah bertahan dari serangan sejak awal minggu.

Kyiv sejauh ini mengatakan upaya utamanya belum dimulai.

Blogger Rusia pro-perang melaporkan pertempuran sengit pada hari Jumat di front Zaporizhzhia dekat kota Orikhiv, di sekitar titik tengah jembatan darat yang menghubungkan Rusia ke semenanjung Crimea, yang dipandang sebagai salah satu target potensial utama Ukraina.

Ben Barry, rekan senior untuk perang darat di International Institute for Strategic Studies, mengatakan laporan dari blogger Rusia tentang tank Leopard buatan Jerman dan kendaraan lapis baja Bradley AS di dekat Tokmak selatan Orikhiv, jika dikonfirmasi, akan memberikan bukti pertama bahwa kekuatan baru Ukraina, brigade pasukan bersenjata Barat telah bergabung dalam pertempuran.

Secara keseluruhan, Kyiv memiliki 12 brigade dengan total 50.000-60.000 tentara yang siap untuk melancarkan serangan balasan.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Ukraina Ledakkan Pipa Ekspor Amonia | Kereta Terbakar di Austria

Sembilan brigade telah dipersenjatai dan dilatih oleh Barat.

"Mereka punya pilihan berapa banyak yang mereka lakukan pada awalnya dan berapa banyak yang mereka simpan sebagai cadangan jika dinamika medan perang berubah," kata Barry, menambahkan bahwa prioritas awal Ukraina akan mencoba untuk menjaga keseimbangan Rusia dan mendapatkan kejutan taktis melalui penipuan dan kamuflase.

Ukraina pada umumnya melarang jurnalis untuk meliput di sisi garis depannya selama operasi ofensif, dengan menekankan perlunya merahasiakan rencananya.

Hari-hari awal serangan balasan minggu ini telah dibayangi oleh bencana kemanusiaan yang sangat besar setelah penghancuran bendungan Kakhovka yang menahan air Sungai Dnipro yang membelah Ukraina.

Baca juga: 2022 Jadi Tahun Terkejam dalam 1 Dekade, Dipicu Konflik di Ukraina dan Myanmar

Ribuan orang terpaksa mengungsi dari rumah yang terendam banjir di zona perang, cagar alam yang luas telah musnah dan kerusakan sistem irigasi kemungkinan akan melumpuhkan pertanian di sebagian besar Ukraina selatan selama beberapa dekade.

Kyiv mengatakan sedikitnya empat orang tewas dan 13 orang hilang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com