Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rangkuman Hari ke-472 Serangan Rusia ke Ukraina: Greta Thunberg Tuduh Rusia Ledakkan Bendungan, Iran Disebut Bantu Bangun Pabrik Drone Rusia

Ledakan Bendungan Kakhova

- Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan bahwa Rusia bertanggung jawab atas ledakan bendungan Kakhovka.

- Satelit mata-mata Amerika Serikat mendeteksi ledakan di bendungan Kakhovka sebelum runtuh. Pejabat itu mengatakan satelit dengan sensor infra merah mendeteksi tanda panas yang konsisten dengan ledakan yang signifikan.

- Presiden Zelensky mengunjungi daerah banjir di Ukraina. Evakuasi orang-orang di daerah yang terkena banjir akibat runtuhnya bendungan juga terus dilakukan. Sedikitnya lima orang dinyatakan tewas.

- Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan kepada Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bahwa Jepang akan memberikan bantuan kemanusiaan darurat senilai sekitar 5 juta dollar AS setelah penghancuran bendungan Nova Kakhovka, kata seorang juru bicara pemerintah Jepang.

- Aktivis iklim Swedia Greta Thunberg menuduh Rusia menyebabkan runtuhnya bendungan di Ukraina, menyebutnya sebagai tindakan "ekosida".

Situasi Perang

- Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Ukraina telah memulai serangan balasan yang diharapkan terhadap pasukan Rusia tetapi tidak berhasil.

- Kementerian pertahanan Rusia melaporkan menangkis serangan Ukraina di wilayah tenggara Zaporizhia dan menggagalkan upaya berulang kali oleh tentara Ukraina minggu ini untuk menerobos garis depan.

- Seorang juru bicara kelompok pasukan Vostok Rusia mengatakan 13 tank Ukraina hancur dalam pertempuran di wilayah Zaporizhia, dan delapan di wilayah Donetsk.

- Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Hanna Maliar mengatakan situasi di garis depan tegang dan pertempuran sengit terkonsentrasi di wilayah Donetsk di timur.

- Rusia melepaskan serangan udara ke Ukraina dalam semalam, menewaskan setidaknya satu orang dalam serangan gabungan rudal jelajah dan serangan drone, menurut pihak berwenang Ukraina.

Bantuan Militer

- Rusia telah menerima bahan dari Iran untuk membangun pabrik drone, kata juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby.

Diplomasi

- Islandia akan menangguhkan operasi kedutaan di Moskwa mulai 1 Agustus dan telah meminta Rusia untuk mengurangi kegiatan diplomatiknya di Reykjavik, kata kementerian luar negeri.

https://www.kompas.com/global/read/2023/06/11/064500070/rangkuman-hari-ke-472-serangan-rusia-ke-ukraina--greta-thunberg-tuduh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke