Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilpres Turkiye Putaran Kedua Digelar Hari Ini, Erdogan Diperkirakan Menang

Kompas.com - 28/05/2023, 14:56 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber Reuters

ANKARA, KOMPAS.com - Rakyat Turkiye memberikan suara dalam pemilihan presiden putaran kedua pada hari ini, Minggu (28/5/2023).

Pilpres Turkiye putaran kedua ini diperkirakan akan memberikan peluang kepada petahana Presiden Tayyip Erdogan untuk memperpanjang kekuasaannya hingga dekade ketiga.

Kemenangan Erdogan tersebut dimungkinkan akan mengintensifkan Turkiye yang semakin otoriter, kebijakan luar negeri yang kian kuat, dan tata kelola ekonomi yang tidak umum.

Baca juga: Pilpres Turkiye Lanjut ke Putaran Kedua pada 28 Mei, Erdogan Bakal Unggul Lagi?

Sebagaimana dikutip dari Reuters, Erdogan (69) telah menjungkirbalikkan hasil jajak pendapat dengan berhasil unggul tipis, yakni hampir lima poin atas saingannya Kemal Kilicdaroglu dalam Pilpres Turkiye putaran pertama pada 14 Mei.

Tetapi, dia gagal meraih 50 persen suara yang dibutuhkan untuk langsung memenangkan Pilpres.

Keunggulan Erdogan dalam Pilpres Turkiye putaran pertama sungguh tak terduga di tengah krisis biaya hidup yang dalam di negara itu.

Pilpres Turkiye putaran kedua akan memutuskan tidak hanya siapa yang memimpin Turkiye, negara anggota NATO berpenduduk 85 juta jiwa.

Melainkan juga bagaimana arah pemerintahannya dan ke mana arah ekonominya setelah nilai tukar mata uangnya terhadap dolar anjlok hingga sepersepuluh dalam satu dekade.

Presiden Turkiye terpilih juga akan menentukan bentuk kebijakan luar negerinya.

Di bawah kepemimpinan Erdogan, Turkiye selama ini terlihat "kurang akur" dengan Barat sehingga memilih menjalin hubungan dengan Rusia dan negara-negara Teluk.

Di kota Diyarbakir di tenggara yang berpenduduk mayoritas Kurdi, pensiunan bernama Faruk Gecgel (54) mengaku akan memilih Erdogan dalam putaran kedua ini seperti yang dia lakukan dua minggu lalu.

Baca juga: Pilpres Turkiye Sisakan Pertarungan Erdogan Vs Kilicdaroglu

"Penting bagi masa depan Turkiye bahwa presiden dan parlemen, di mana dia memiliki mayoritas, bekerja sama di bawah satu atap. Jadi saya memilih Erdogan lagi untuk stabilitas," katanya.

Sementara itu, Ibu rumah tangga bernama Canan Tince (34) mengaku lebih memilih Kilicdaroglu, yang pada 14 Mei menerima hampir 72 persen dukungan di kota itu -kubu partai oposisi utama pro-Kurdi.

"Cukup sudah. Perubahan sangat penting untuk mengatasi krisis ekonomi dan masalah yang dihadapi Turkiye, jadi saya memilih Kilicdaroglu lagi. Kami berharap dan bertekad," ungkap dia.

Pemungutan suara Pilpres Turkiye putaran kedua dimulai pukul 08.00 waktu setempat (05.00 GMT) dan akan selesai pada pukul 17.00 (14.00 GMT). Menjelang Minggu petang harus ada indikasi yang jelas tentang pemenangnya.

Baca juga: Profil Erdogan dan Peluangnya di Pilpres Turkiye 2023

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com