Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Rudal Balistik Terbaru Iran yang Buat Israel Ciut Nyali

Kompas.com - 26/05/2023, 15:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber

TEHERAN, KOMPAS.com - Iran pada Kamis (25/5/2023) meluncurkan apa yang disebutnya iterasi terbaru dari rudal balistik Khorramshahr berbahan bakar cair di tengah peningkatan ketegangan dengan Barat terkait program nuklirnya.

Pihak berwenang memamerkan Khorramshahr-4 kepada wartawan di sebuah acara di Teheran, dengan rudal di peluncur yang dipasang di truk.

Menteri Pertahanan Jenderal Mohammad Reza Ashtiani mengatakan rudal itu dapat disiapkan untuk diluncurkan dalam waktu singkat.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] 10.000 Rekrutan Wagner Tewas | Iran Uji Rudal Balistik

“Salah satu karakteristik yang menonjol dari rudal ini adalah kemampuannya untuk menghindari deteksi radar dan menembus sistem pertahanan udara musuh, berkat deteksi radar yang rendah,” kata sang jenderal kepada wartawan, seperti dilansir dari Associated Press.

“Rudal ini memiliki kemampuan untuk memanfaatkan berbagai hulu ledak untuk berbagai misi," tambahnya.

Pejabat Iran menggambarkan rudal itu memiliki jangkauan 2.000 kilometer (1.240 mil) dengan hulu ledak 1.500 kilogram (3.300 pon).

Mereka juga merilis rekaman video tanpa tanggal yang konon menunjukkan peluncuran rudal yang sukses.

Khorramshahr memiliki muatan terberat armada rudal balistik Iran, yang menurut para analis mungkin dirancang untuk menjaga senjata di bawah batas jangkauan 2.000 kilometer yang diberlakukan oleh pemimpin tertinggi negara itu.

Itu menempatkan sebagian besar Timur Tengah dalam jangkauan, tetapi jauh dari Eropa Barat.

Nama Khorramshahr-4 diambil dari kota Iran yang menjadi tempat pertempuran sengit selama Perang Iran-Irak pada 1980-an.

Baca juga: Iran Uji Coba Rudal Berjangkauan 2.000 Km, Israel Ketar-ketir

Irak merebut kota itu di provinsi barat daya Khuzestan yang kaya minyak pada awal perang, tetapi Iran merebutnya kembali setahun kemudian.

Selama acara tersebut, pengeras suara membunyikan “Simfoni Epik Khorramshahr,” sebuah komposisi orkestra yang menandai tentara Iran mengakhiri pengepungan kota Irak selama perang.

Teheran menciptakan program rudal balistiknya setelah menderita akibat serangan rudal Scud Irak dalam konflik tersebut, juga sebagai perlindungan terhadap tetangganya yang bersenjata Barat karena embargo telah mencegahnya mengakses pesawat serang modern.

Baca juga: Makam Mahsa Amini di Iran Dirusak, Kaca Pelindung Batu Nisan Pecah

Rudal itu juga disebut Kheibar, setelah sebuah benteng Yahudi ditaklukkan oleh Muslim pada abad ke-7, di tempat yang sekarang disebut Arab Saudi.

Ketegangan regional kemungkinan memainkan peran dalam tampilan rudal Iran itu. Contoh miniatur Kubah Batu emas Yerusalem di kompleks Masjid Al-Aqsa, sebuah situs suci dalam Islam dan Yudaisme yang oleh orang Yahudi disebut Temple Mount, tampak di samping peluncur.

Iran memandang Israel sebagai musuh bebuyutannya dan mempersenjatai kelompok militan anti-Israel di wilayah Palestina dan negara-negara sekitarnya.

Baca juga: Iran Eksekusi 3 Pria Menyusul Protes Anti-Pemerintah

Ketegangan antara kedua negara tinggi, terutama karena Iran memperkaya uranium lebih dekat dari sebelumnya ke tingkat senjata. Khorramshahr punya potensi mencapai Israel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com