Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangeran MbS Sambut Assad Kembali ke Liga Arab

Kompas.com - 19/05/2023, 20:00 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP,Reuters

JEDDAH, KOMPAS.com - Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman menyambut Presiden Suriah Bashar al-Assad kembali ke Liga Arab pada Jumat (19/5/2023).

Momen ini terjadi lebih dari satu dekade setelah negara yang dilanda perang itu diasingkan dari blok tersebut.

"Kami senang hari ini dengan kehadiran Presiden Suriah Bashar al-Assad dalam KTT ini," kata Pangeran MbS, penguasa de facto Kerajaan Arab Saudi dalam pidatonya, dikutip dari AFP.

Baca juga: Liga Arab Terima Lagi Pemerintah Suriah Setelah 11 Tahun Isolasi

Dia berharap kembalinya Suriah ke Liga Arab akan mengarah pada stabilitas di negara tersebut.

Sebelumnya, al-Assad diberitakan telah berada di Arab Saudi pada Jumat untuk menghadiri KTT Arab, di mana ia akan berkumpul lagi bersama para pemimpin yang menjauhinya selama bertahun-tahun.

Ini merupakan perubahan besar kebijakan yang ditentang AS dan negara-negara Barat berpengaruh lainnya.

Assad diasingkan oleh sebagian besar negara Arab setelah tindakan keras terhadap protes menentang pemerintahannya pada 2011 dan perang saudara berikutnya yang menewaskan 350 ribu orang.

Diterimanya kembali pemerintahan Assad ke dalam blok tersebut menjadi sinyal bahwa pengucilan terhadapnya telah berakhir.

Baca juga: Daftar Negara Anggota Liga Arab, Jumlahnya 22

Reuters melaporkan, Assad yang terlihat berseri-seri, diterima oleh Wakil Gubernur Mekkah Pangeran Badr bin Sultan dan Sekjen Liga Arab Ahmed Aboul Gheit sewaktu tiba pada Kamis (18/5/2023) di Jeddah, kota penyelenggara KTT itu.

Assad tiba di Arab Saudi didampingi beberapa pejabat Suriah lainnya.

Dia kemudian diantar ke ruang penerimaan tamu di terminal Kerajaan yang menjadi tempat berbincang singkat dengan Pangeran Badr dan Aboul Gheit.

Foto raksasa pendiri Arab Saud Raja Abdulaziz, Raja Salman dan Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman tergantung di dinding ruangan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com