Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbas SVB Bangkrut, Simpanan Bank Kecil di AS Turun Capai Rekor

Kompas.com - 25/03/2023, 08:18 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber Reuters

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Data yang dirilis bank sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve, pada Jumat (24/3/2023) menunjukkan dana simpanan di bank-bank kecil di AS mengalami penurunan dalam jumlah rekor sebagai imbas Silicon Valley Bank (SVB) bangkrut pada 10 Maret.

Dilansir oleh kantor berita Reuters, jumlah dana simpanan di bank-bak kecil AS turun sebesar 119 miliar dollar AS (Rp1.804 triliun) menjadi 5,46 triliun dollar AS (Rp 82.806 triliun) pada pekan 15 Maret.

Angka itu lebih dari dua kali lipat penurunan simpanan dalam jumlah rekor sebelumnya dan penurunan terbesar dalam persentase dari keseluruhan simpanan pada pekan yang berakhir 16 Maret 2007.

Baca juga: Krisis Terbesar Bank AS Berimbas pada Bursa Saham Korea Selatan

Data mingguan the Fed menunjukkan, pinjaman oleh bank-bank kecil meningkat sebesar 253 miliar dollar AS menjadi 669,6 miliar dollar AS.

Bank-bank kecil di AS adalah bank-bank yang tidak termasuk 25 bank komersial terbesar di sana.

“Alhasil, bank-bank kecil menyimpan 97 miliar dollar AS lebih banyak uang tunai pada akhir pekan. Hal itu mengindikasikan bahwa sebagian simpanan untuk menumpuk pundi-pundi sebagai langkah pencegahan jika para nasabah ingin menarik uang mereka,” kata Paul Ashworth, analis Capital Economics, dalam catatannya.

SVB bangkrit setelah bank itu tidak mampu menangani penarikan dana yang cepat dan masif oleh para nasabah.

Para nasabah menarik puluhan miliar dollar hanya dalam beberapa jam.

Menurut data the Fed, dana simpanan di bank-bank besar AS naik sebesar 67 miliar dollar AS menjadi 10,74 triliun dollar AS pada pekan yang sama.

Baca juga: Silicon Valley Bank Bangkrut, Ini Dampaknya bagi China

Secara keseluruhan, dana simpanan bank AS turun setelah melonjak pada saat penyaluran bantuan pandemi pada 2020 dan pada awal 2021.

Pembalikan tren untuk bank-bank besar kentara. Kenaikan tersebut setara dengan sekitar setengah dari penurunan simpanan di bank-bank kecil, yang mengindikasikan bahwa sebagian uang tunai mungkin telah masuk ke dana pasar uang atau instrumen lainnya.

Bank-bank besar juga meningkatkan pinjaman sebesar 251 miliar dollar AS.

Masih belum jelas apakah tren pergeseran dana simpanan di bank-bank kecil akan berlanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com