Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER GLOBAL] China Kecam Pembatasan Covid | 89 Tentara Rusia Tewas Diserang Ukraina

Kompas.com - 05/01/2023, 06:16 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

KOMPAS.com - Berita tentang China mengecam belasan negara atas pembatasan Covid-19 bagi pelancong dari negaranya memuncaki daftar artikel Populer Global hari ini.

Di bawahnya ada Kementerian Pertahanan Rusia yang menyalahkan penggunaan ponsel atas serangan Ukraina yang menewaskan 89 tentara, dan kisah suami kelupaan membawa istri lalu ketinggalan di hutan.

Sementara itu, WNI yang bercanda membawa bom di bandara Malaysia disidang, lalu ibu Pele yang berusia 100 tahun tidak sadar anaknya meninggal.

Baca juga: Rusia Akui Korban Tewas di Makiivka Naik Jadi 89 Tentara, Salahkan Penggunaan HP

Rangkuman artikel Populer Global sepanjang Rabu (4/1/2023) hingga Kamis (5/1/2023) pagi dapat Anda baca selengkapnya di bawah ini.

1. China Kecam Aturan Pembatasan Covid-19 bagi Pelancong dari Negaranya

Pemerintah China mengecam aturan pembatasan Covid-19 baru yang diberlakukan bagi pelancong dari negaranya oleh belasan negara di dunia.

China memperingatkan dapat mengambil tindakan balasan sebagai tanggapan atas pemberlakuan pembatasan Covid-19 tersebut.

Amerika Serikat, Kanada, Perancis, Jepang, dan Korea Selatan termasuk di antara negara yang sekarang mewajibkan pelancong dari China untuk menunjukkan tes negatif Covid-19 sebelum kedatangan.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Kisah Pria yang Disebut Tertinggi di Dunia: Lebih Tinggi dari Rumah, Berawal dari Gangguan Genetik

2. Diserang Roket Ukraina, 89 Tentara Rusia Tewas, Kemenhan Salahkan Ponsel

Sebanyak 89 tentara Rusia tewas akibat serangan roket Ukraina di Makiivka, sebuah daerah di wilayah Donetsk yang dikuasai Moskwa, saat Malam Tahun Baru.

Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Rusia mengatakan, faktor utama dari serangan roket Ukraina itu disebabkan ada tentara Rusia yang menggunakan ponsel secara ilegal.

Kemenhan Rusia menambahkan, ada aturan di mana tentaranya dilarang menggunakan ponsel di medan perang, sebagaimana dilansir Reuters, Rabu (4/1/2023).

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-314 Serangan Rusia ke Ukraina: Warga Rusia Marah, Putin Siapkan Film

3. Suami Kelupaan Bawa Istri, Ketinggalan di Hutan Saat Ditinggal Kencing

Seorang istri harus berjalan sejauh 20 kilometer (km) karena suaminya tak sengaja meninggalkannya sehabis buang air di tengah perjalanan.

Kisah ini dialami oleh pasangan suami istri (pasutri) di Thailand. Sang suami bernama Bun Rakchaimun (55), sedangkan istrinya bernama Chai Mun (49).

Cerita bermula saat pasutri itu dalam perjalanan pulang kampung ke desa asal Chai Mun di Provinsi Mahasara Kham pada 25 Desember dengan mengendarai mobil.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com