Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kremlin: Putin Tak Hadir di KTT G20 karena Komitmen Jadwal

Kompas.com - 11/11/2022, 20:05 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov pada Jumat (11/11/2022) menyampaikan, alasan Presiden Rusia Vladimir Putin tidak hadir di KTT G20 Indonesia adalah karena komitmen penjadwalan.

"Ini keputusan kepala negara, mengingat jadwalnya dan perlunya dia tinggal di Federasi Rusia," kata Peskov, dikutip dari kantor berita AFP.

Pernyataan Peskov disampaikan sehari setelah Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov dipastikan mewakili Rusia pada KTT G20 di Bali.

Baca juga: Putin Dipastikan Tak Hadir di KTT G20, Rusia Diwakili Menlu Sergei Lavrov

Pada Kamis (10/11/2022). Putin dipastikan tidak hadir secara langsung di KTT G20, menurut konfirmasi Kedutaan Besar Rusia di Jakarta kepada kantor berita AFP

"Dapat saya pastikan bahwa (Menteri Luar Negeri) Sergei Lavrov akan memimpin delegasi Rusia ke G20. Program Presiden Putin masih dalam proses, ia dapat berpartisipasi secara virtual," kata Yulia Tomskaya, kepala protokol Kedutaan Besar Rusia di Indonesia.

Sumber lain yang mengetahui rencana Rusia di KTT G20 menegaskan bahwa Putin akan digantikan Lavrov. Namun, dia tidak dapat memastikan apakah eks agen KGB tersebut akan hadir secara virtual.

Baca juga:

Dalam pertemuan para Menteri Luar Negeri G20 di Bali pada Juli 2022, Lavrov walkout setelah para pejabat lainnya mengecam Rusia atas invasi ke Ukraina.

Indonesia sebagai pemegang presidensi G20 tahun ini, menganut kebijakan luar negeri yang netral dan menolak permintaan Barat untuk tidak mengundang Rusia ke KTT.

Absennya Putin di KTT G20 2022 mengakhiri spekulasi berbulan-bulan mengenai kehadirannya.

Baca juga: China Konfirmasi Xi Jinping Bakal Bertemu Biden di KTT G20

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com