Kompas.com - 28/09/2022, 07:55 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Para pejabat pro-Rusia di empat wilayah Ukraina yang diduduki Moskwa pada Selasa (27/9/2022) mengeklaim kemenangan dalam referendum untuk bergabung dengan Rusia di tengah kecaman internasional atas surat suara palsu.

Ini berarti ada potensi 15 persen lagi wilayah Ukraina akan dicaplok Rusia.

Badan jajak pendapat lokal di wilayah Zaporizhzhia selatan mengatakan 93,11 persen pemilih didapati memilih aneksasi Rusia setelah semua surat suara dihitung.

Namun dikatakan bahwa ini adalah hasil awal.

Baca juga: Referendum Ukraina: Tentara Bawa Senjata Masuk Rumah-rumah Warga Ambil Suara

Di Kherson, juga di Ukraina selatan, pihak berwenang mengatakan 87,05 persen pemilih memilih aneksasi Rusia setelah penghitungan suara selesai.

Di wilayah Luhansk, di Ukraina timur yang dikendalikan oleh separatis pro-Rusia, 98,42 persen diklaim memilih aneksasi oleh Rusia.

Dikutip dari AFP, sebagaimana diberitakan Kantor berita Pemerintah Rusia RIA Novosti, Leonid Pasechnik, Pemimpin Republik Rakyat Luhansk (RRL) mengatakan di Telegram, bahwa “jelas" bahwa Luhansk akan kembali ke Rusia.

Sementara itu, di wilayah Donetsk di Ukraina timur, badan pemungutan suara mengatakan 99,23 persen pemilih memilih aneksasi Rusia setelah semua surat suara dihitung.

Baca juga:

"Kami semua menginginkan (hasil referendum gabung Rusia) ini untuk waktu yang sangat lama," ucap Denis Pushilin, pemimpin separatis yang didukung Kremlin di Donetsk, 

"Kami bersatu kembali dengan tanah air kami yang hebat, dengan Rusia yang hebat," tambah dia.

Sementara itu, PBB mengatakan pihaknya "berkomitmen" pada "integritas teritorial" Ukraina dalam perbatasan yang telah "diakui".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.