Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Kelab Malam Thailand Tewaskan 15 Orang, Pemilik Terancam Penjara 10 Tahun dan Denda Rp 83,3 Juta

Kompas.com - 08/08/2022, 12:32 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

SATTAHIP, KOMPAS.com - Polisi Thailand pada Minggu (7/8/2022) menahan pemilik dari kelab malam Mountain B yang kebakaran dan menewaskan 15 orang.

Kebakaran kelab malam Thailand di distrik Sattahip, provinsi Chonburi, ini terjadi pada Jumat (5/8/2022) sekitar pukul 01.00 dini hari. Lokasinya kira-kura 150 kilometer tenggara Bangkok.

Pada Sabtu (6/8/2022), jumlah korban tewas naik menjadi 15. Sebagian besar korban ditemukan berkerumun di dekat pintu masuk kelab malam dan di kamar mandi, tubuh mereka terbakar parah, menurut layanan penyelamatan dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga: 13 Tewas dalam Kebakaran di Kelab Malam Thailand

Salah satu polisi senior di provinsi Chonburi pada Minggu (7/8/2022) mengonfirmasi bahwa pemilik klub bernama Pongsiri Panprasng menyerahkan diri setelah surat perintah penangkapan dikeluarkan.

"Dia tetap ditahan dan polisi akan meminta izin pengadilan pada Senin (8/8/2022) untuk menahannya saat kami sedang menyelidiki," katanya kepada AFP.

Pria berusia 27 tahun itu akan menghadapi beberapa dakwaan, kata polisi, termasuk menyebabkan kematian karena kecerobohan dan mengoperasikan pub tanpa izin.

Menyebabkan kematian karena kecerobohan berpotensi hukuman maksimum 10 tahun penjara dan denda hingga 200.000 baht (Rp 83,3 juta) di Thailand.

Baca juga:

Busa akustik yang mudah terbakar di dinding klub mempercepat kobaran api. Pemadam kebakaran membutuhkan lebih dari tiga jam untuk mengendalikannya, kata dinas penyelamatan pada Jumat (5/8/2022).

Setelah kebakaran, kerabat para korban--sebagian besar berusia antara 17 dan 49 tahun--menuju Bangkok untuk mengambil jenazah orang yang mereka cintai usai diperiksa oleh ahli forensik.

Perdana Menteri Prayuth Chan-o-cha memerintahkan penyelidikan atas kebakaran kelab malam Thailand ini.

Baca juga: Video Mengerikan, Pengunjung Kelab Malam Saling Injak Hindari Tangkapan Polisi Saat Lockdown

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com