Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/06/2022, 17:02 WIB
Aditya Jaya Iswara

Editor

Penulis: VOA Indonesia

KYIV, KOMPAS.com - Presiden Indonesia Joko Widodo Rabu (29/6/2022) menawarkan untuk "menyampaikan pesan" dari Presiden Ukraina Volodymr Zelensky kepada pemimpin Rusia Vladimir Putin dalam upaya meningkatkan harapan bagi perdamaian.

Presiden Jokowi melalui pertemuannya dengan Zelensky berharap bisa menghidupkan kembali pembicaraan damai antara Rusia dan Ukraina dan mencari cara untuk membebaskan ekspor gandum ke pasar global.

"Meskipun sangat sulit dicapai, saya menyampaikan pentingnya resolusi damai. Saya menawarkan untuk menyampaikan pesan dari Presiden Zelensky kepada Presiden Putin bahwa saya akan segera bertemu," kata Presiden Jokowi.

Baca juga: Rangkuman Jokowi ke Ukraina: Hasil Pertemuan dengan Zelensky dan Tawaran Indonesia

Ia juga menegaskan kontribusi Indonesia untuk bantuan medis dan infrastruktur ke Kyiv.

Jokowi, yang tiba di Kyiv dari Polandia dengan kereta api pada Rabu (29/6/2022) pagi, mengulangi undangan kepada Zelensky untuk menghadiri KTT para pemimpin G20 di Bali. Zelensky menerima undangan Presiden Indonesia Joko Widodo untuk berpartisipasi dalam KTT G20 pada November.

Zelensky mengatakan partisipasi Ukraina dalam KTT di Indonesia akan tergantung pada komposisi peserta dan situasi keamanan.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin juga bermaksud menghadiri KTT pada November tahun ini di Bali.

Dalam konferensi pers bersama Presiden Jokowi di Kyiv, Zelensky mengatakan mereka telah membahas krisis pangan global.

Jokowi adalah ketua Kelompok 20 negara dan salah satu dari enam pemimpin yang ditunjuk PBB memimpin, Kelompok Tanggap Krisis Global, yang dibentuk untuk mengatasi ancaman kelaparan dan kemelaratan yang ditimbulkan oleh perang di Ukraina.

Ia juga berkunjung ke kota Irpin di mana Ukraina menuduh tentara Rusia melakukan kekejaman. Moskwa membantah tuduhan itu.

Baca juga:

Sebelum invasi Rusia ke Ukraina 24 Februari, Ukraina adalah salah satu pemasok gandum terbesar bagi Indonesia, tetapi blokade laut Rusia telah menghentikan ekspor gandum Kyiv lewat Laut Hitam yang mengancam krisis pangan global. Zelensky menuduh Rusia "memeras dunia dengan kelaparan".

Setelah kunjungannya ke Ukraina, Presiden Jokowi akan menuju Moskwa untuk bertemu dengan Putin. Jokowi mengatakan akan mendesak presiden Rusia untuk menyetujui gencatan senjata. Pembicaraan damai antara Moskwa dan Kyiv terhenti, dengan masing-masing pihak saling menyalahkan.

Baca juga: Kunjungi Reruntuhan Apartemen di Kota Irpin Ukraina, Jokowi Ungkap Kesedihan

Artikel ini pernah dimuat di VOA Indonesia dengan judul Presiden Jokowi Tawarkan untuk Sampaikan Pesan Zelenskyy kepada Putin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com