Kompas.com - 30/06/2022, 11:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengunjungi Ukraina dan Rusia untuk bertemu dengan para pemimpin kedua negara yang bertikai setelah menghadiri Kelompok Tujuh dalam KTT di Jerman.

Dilansir AP, Jokowi telah berusaha untuk mempertahankan posisi netral sejak awal perang.

Dia berharap upayanya akan mengarah pada gencatan senjata dan akhirnya pembicaraan langsung antara kedua pemimpin.

Baca juga: Mengapa Jokowi dan Pemimpin Negara Naik Kereta ke Ukraina?

Jokowi mengatakan dia ingin mendorong Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk memulai dialog tentang mengakhiri perang, yang telah menyebabkan kekurangan pangan global dan lonjakan harga komoditas.

Lalu, mengapa Putin dan Zelensky mungkin mendengarkan Jokowi?

Sebagai tuan rumah G20 tahun ini, Indonesia telah berusaha untuk tetap netral dalam menghadapi invasi Rusia ke Ukraina dan telah menjaga komentarnya.

Jokowi mengatakan dia menawarkan dukungan Indonesia dalam upaya perdamaian untuk Putin dan Zelensky, sebuah langkah yang dilihat sebagai upaya untuk menyatukan forum G20 yang terpecah oleh konflik yang sedang berlangsung.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-126 Serangan Rusia ke Ukraina, Jokowi Kunjungi Kyiv Bertemu Zelensky, Wali Kota Kherson Diculik

Amerika Serikat dan sekutunya di Kelompok Tujuh negara industri terkemuka, bagian dari G20, telah berusaha untuk menghukum Putin dengan berbagai cara, termasuk dengan mengancam akan memboikot KTT G20 yang akan diadakan tahun ini di Bali kecuali jika Putin dikeluarkan dari forum.

Jokowi telah mengundang Zelensky ke KTT bersama dengan Putin dengan harapan itu akan menenangkan para pendukung Ukraina dan Rusia dan membatasi gangguan apa pun dari item agenda forum lainnya. Ukraina bukan memang bukan anggota forum, melainkan hanya Rusia.

Lalu, adakah kesempatan bagi Jokowi untuk menyukseskan jalan damai?

Halaman:
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.