Kompas.com - 30/06/2022, 14:48 WIB

WARSAWA, KOMPAS.com – Setelah menempuh perjalanan 12 jam dari Stasiun Central Kyiv, Ukraina, Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana tiba di Stasiun Przemysl Polandia pada Kamis (30/6/2022) pukul 07.00 waktu setempat.

Presiden, Ibu Negara dan rombongan terbatas melakukan perjalanan tersebut dengan menggunakan kereta luar biasa (KLB) yang sebelumnya digunakan untuk berangkat dari Przemysl ke Kyiv.

Kereta itu disiapkan secara khusus oleh Pemerintah Ukraina.

Baca juga: Media Rusia Ungkap Apa yang Akan Dibahas Putin dan Jokowi

Kereta juga pernah digunakan untuk menjemput empat pemimpin negara Eropa, yakni Perancis, Italia, Jerman, dan Romania ke Ukraina pada 16 Juni lalu.

Dilansir dari Kompas.id, setibanya di Stasiun Przemysl Polandia, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana langsung melanjutkan perjalanan dengan mobil menuju Rzeszów-Jasionka Airport.

Presiden dan rombongan kemudian langsung lepas landas menggunakan pesawat Boeing 777 Garuda Indonesia untuk menuju Moskwa, Rusia.

Rencananya, Presiden akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin Kamis ini.

Ketika bertemu dengan Presiden Rusia, Presiden Jokowi salah satunya akan menyampaikan pesan dari Presiden Ukraina.

Baca juga: Sinyal Baik dari Perang Rusia-Ukraina

Jokowi sebelumnya mengaku telah menawarkan diri untuk membawa pesan dari Zelensky untuk Putin.

"Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera," kata dia selepas pertemuan dengan Zelensky, sebagaimana dilansir dari siaran per Sekretariat Presiden.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Kompas.id
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.