Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Ancam Balas Lituania karena Larang Transit Kereta Api ke Kaliningrad

Kompas.com - 20/06/2022, 22:01 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber Reuters

VILNIUS, KOMPAS.com - Rusia memperingatkan anggota NATO Lituania pada Senin (20/6/2022), bahwa jika transit barang ke wilayah kantong Rusia, Kaliningrad di Laut Baltik tidak dipulihkan segera, mereka akan mengambil tindakan untuk membela kepentingan nasionalnya.

Tidak dijelaskan tindakan apa yang akan diambil oleh Rusia.

Ketika hubungan timur-barat mencapai tingkat rendah dalam setengah abad terakhir karena invasi Rusia ke Ukraina 24 Februari, Otoritas Lituania melarang transit barang yang disetujui oleh Uni Eropa melalui wilayahnya ke dan dari wilayah kantong itu, mengutip aturan sanksi Uni Eropa.

Baca juga: Lituania Akan Larang Ekspor dan Impor via Kereta Api dari Kaliningrad Rusia

Kementerian Luar Negeri Rusia memanggil utusan utama Lituania di Moskwa untuk menyampaikan protes, sementara Kremlin mengatakan situasinya sangat serius.

"Situasinya lebih dari serius," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan.

"Keputusan ini benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya. Ini merupakan pelanggaran terhadap segalanya," ungkap dia, dilansir dari Reuters.

Kementerian Luar Negeri Rusia menuntut Lituania segera membalikkan apa yang dianggapnya sebagai langkah "bermusuhan secara terbuka".

"Jika transit kargo antara wilayah Kaliningrad dan seluruh Federasi Rusia melalui Lithuania tidak sepenuhnya pulih dalam waktu dekat, Rusia berhak mengambil tindakan untuk melindungi kepentingan nasionalnya," jelas Kementerian itu.

Kaliningrad, sebelumnya pelabuhan Koenigsberg, ibu kota Prusia Timur, direbut dari Nazi Jerman oleh Tentara Merah pada April 1945 dan diserahkan ke Uni Soviet setelah Perang Dunia II.

Baca juga: Warga Lituania Niat Patungan Beli Drone untuk Ukraina, Turki Langsung Kasih Gratis

Kaliningrad terjepit di antara anggota NATO Polandia dan Lituania.

Lituania mengatakan pihaknya hanya menerapkan sanksi Uni Eropa, bagian dari tindakan yang dimaksudkan untuk menghukum Presiden Vladimir Putin atas invasi ke Ukraina.

"Bukan Lituania yang melakukan apa pun. Ini sanksi Eropa yang mulai berlaku sejak 17 Juni," kata Menteri Luar Negeri Lituania Gabrielius Landsbergis kepada wartawan di Luksemburg.

"Tindakan itu dilakukan dengan konsultasi dari Komisi Eropa dan di bawah pedoman Komisi Eropa," kata Landsbergis.

Kereta api milik negara Lithuania memberi tahu pengguna jasa bahwa mulai 17 Juni barang-barang yang dikenai sanksi seperti baja dan besi tidak akan diizinkan melintasi Lituania, kata Landsbergis.

Baca juga: Warga Lituania Patungan Beli Drone Canggih untuk Ukraina, Ingin Jadi Contoh Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com