Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Protes Pembukaan Kedubes Taiwan, China Turunkan Hubungan Diplomatik dengan Lituania

Kompas.com - 21/11/2021, 11:37 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

BEIJING, KOMPAS.com - China resmi menurunkan hubungan diplomatiknya dengan Lituania ke tingkat "charge d'affaires".

Dikutip dari Britannica, Chargé d'affaires adalah pangkat perwakilan diplomatik terendah yang diakui di bawah Konvensi Wina tentang Hubungan Diplomatik (1961).

Keputusan tersebut diumumkan Kementerian Luar Negeri China pada Minggu (21/11/2021), sebagai protes pembukaan Kedutaan Besar Taiwan secara de facto di Vilnius, ibu kota Lituania.

Baca juga: Abaikan China, Taiwan Buka Kedutaan di Lituania

Lituania mengizinkan Taipei secara resmi membuka kedutaan besar dengan menggunakan nama Taiwan.

Ini adalah langkah diplomatik yang sangat bertentangan dengan upaya China untuk menjaga Taiwan terisolasi di panggung global.

"Pemerintah China harus menurunkan hubungan diplomatik antara kedua negara ... untuk menjaga kedaulatannya dan norma-norma dasar hubungan internasional," kata kementerian itu dalam pernyataan.

"Pemerintah Lithuania harus menanggung semua konsekuensi yang muncul dari ini," lanjut pernyataan itu, seraya menambahkan bahwa tindakannya "menciptakan preseden buruk di arena internasional," dikutip dari AFP.

China menolak setiap penggunaan resmi kata "Taiwan", agar tidak memberikan rasa legitimasi internasional ke pulau demokratis yang diperintah sendiri itu, yang diklaim Beijing sebagai bagian dari wilayahnya dan bersumpah suatu hari akan merebutnya.

Beijing menambahkan, Lithuania mengabaikan komitmen politik yang dibuat pada pembentukan hubungan diplomatik dengan China, mengacu pada "kebijakan Satu China" di mana negara-negara secara resmi mengakui Pemerintah China atas Taiwan.

Taiwan pada Juli mengumumkan, akan membuka kantor Kedutaan Besar di Lituania yang merupakan pos diplomatik baru pertama mereka di Eropa dalam 18 tahun.

Langkah tersebut memicu teguran keras oleh China, yang menarik duta besarnya untuk Lituania dan menuntut Vilnius melakukan hal sama, yang akhirnya dilakukan.

China juga menghentikan kereta barang ke Lithuania dan berhenti mengeluarkan izin ekspor makanan.

Baca juga: Respons Berang China Saat Taiwan Buka Kedutaan di Lituania

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com