Kompas.com - 20/06/2022, 19:33 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Perang Rusia-Ukraina menghambat biji-bijian keluar dari negara yang terkenal disebut sebagai "keranjang roti dunia" itu dan membuat makanan lebih mahal di seluruh dunia.

Perang yang tak kunjung usai dikhawatirkan akan memperburuk kekurangan, kelaparan, dan ketidakstabilan politik di negara-negara berkembang.

Baca juga: Harga Pangan Dunia Terus Melonjak, Beras Berikutnya?

Rusia dan Ukraina mengekspor hampir sepertiga gandum dan jelai dunia, lebih dari 70 persen minyak bunga mataharinya, dan merupakan pemasok besar jagung. Rusia adalah produsen pupuk global teratas.

Harga pangan dunia sudah naik, dan perang memperburuk keadaan, mencegah sekitar 20 juta ton biji-bijian Ukraina sampai ke Timur Tengah, Afrika Utara, dan sebagian Asia.

Negosiasi selama berminggu-minggu tentang koridor yang aman untuk mengeluarkan biji-bijian dari pelabuhan Laut Hitam Ukraina hanya menghasilkan sedikit kemajuan. Padahal urgensi meningkat saat musim panen musim panas tiba.

“Ini perlu terjadi dalam beberapa bulan ke depan (atau) ini akan menjadi mengerikan,” kata Anna Nagurney, yang mempelajari manajemen krisis di University of Massachusetts Amherst dan anggota dewan Kyiv School of Economics sebagaimana dilansir AP.

Dia mengatakan 400 juta orang di seluruh dunia bergantung pada pasokan makanan Ukraina.

Organisasi Pangan dan Pertanian PBB memproyeksikan hingga 181 juta orang di 41 negara dapat menghadapi krisis pangan atau tingkat kelaparan yang lebih buruk tahun ini. Berikut gambaran krisis pangan global saat ini:

Baca juga: Dituding Jadi Penyebab Krisis Pangan Global, Rusia Bahas Koridor Pangan dari Ukraina dengan Turki

Situasi pangan global terkini

Harga pangan naik sebelum invasi, yang berasal dari faktor-faktor termasuk cuaca buruk dan panen yang buruk memotong pasokan, sementara permintaan global pulih dengan kuat dari pandemi Covid-19.

Glauber mengutip panen gandum yang buruk tahun lalu di Amerika Serikat dan Kanada, dan kekeringan yang merusak hasil kedelai di Brasil.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Sumber AP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.