Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Israel di Tepi Barat Tewaskan 3 Anggota Kelompok Militan Palestina

Kompas.com - 02/04/2022, 14:20 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber AFP

YERUSALEM, KOMPAS.com - Pasukan Israel membunuh tiga anggota kelompok militan Palestina dalam serangan Sabtu (2/4/2022) di Tepi Barat yang diduduki.

Dilansir AFP, ketiga pria itu melepaskan tembakan ketika tentara mencoba menangkap mereka di dekat kota utara Jenin.

Mereka tewas dalam baku tembak berikutnya, kata polisi, menambahkan bahwa empat tentara Israel terluka, termasuk satu orang luka parah.

Baca juga: Jelang Ramadhan, Shalat Jumat di Yerusalem Berlalu Tanpa Bentrokan, Israel Tetap Siagakan Pasukan

"Pasukan Israel mencegat sebuah sel teroris dalam perjalanan menuju serangan dan menghentikan mobil yang mereka tumpangi antara Jenin dan Tulkarem," kata polisi dalam sebuah pernyataan.

Militan jihad Palestina pun mengonfirmasi tiga kematian tersebut.

"Kami berduka atas kematian tiga pejuang pahlawan kami," kata sayap bersenjata gerakan Islam itu, menambahkan bahwa dua dari mereka berasal dari Jenin dan satu dari Tulkarem.

Pertumpahan darah terjadi di tengah meningkatnya ketegangan menjelang dimulainya bulan suci Ramadhan.

Lonjakan kekerasan meningkat di Israel dan Tepi Barat.

Pada hari Jumat (1/4/2022), pasukan Israel menembak mati seorang warga Palestina berusia 29 tahun selama bentrokan di kota Hebron, Tepi Barat, kata kementerian kesehatan Palestina.

Baca juga: Israel Desak Warganya Mempersenjatai Diri Setelah 11 Orang Tewas dalam Serangan di Tel Aviv

Kantor berita Palestina Wafa mengidentifikasi korban sebagai Ahmad al-Atrash, yang dikatakan mengambil bagian dalam protes terhadap pemukiman Israel dan sebelumnya telah menjalani hukuman enam tahun di penjara Israel.

Tentara Israel mengatakan bahwa selama kerusuhan di Hebron, seorang tersangka melemparkan bom molotov ke tentara, yang menanggapi dengan tembakan langsung.

Hebron, kota terbesar di Tepi Barat, adalah rumah bagi sekitar 1.000 warga Yahudi yang tinggal di bawah perlindungan militer Israel, di antara lebih dari 200.000 warga Palestina.

Baca juga: 2 Warga Palestina Ditembak Mati Pasukan Israel di Tepi Barat

Tepi Barat, yang telah diduduki oleh pasukan Israel sejak perang Enam Hari 1967, adalah rumah bagi hampir 500.000 pemukim Yahudi, yang tinggal di komunitas yang dianggap ilegal menurut hukum internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com