Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin Sebut Rusia Punya Senjata Nuklir, Perancis: NATO Juga Punya!

Kompas.com - 25/02/2022, 15:31 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Dalam pidato operasi militer ke Ukraina, Presiden Rusia Vladimir Putin secara gamblang menyebut bahwa negaranya adalah salah satu negara nuklir paling kuat.

Dilansir Associated Press, pernyataan tersebut bisa berarti bahwa Putin menunjukkan kekuatan nuklir yang dimiliki Rusia.

"Mengenai urusan militer, bahkan setelah runtuhnya Uni Soviet dan kehilangan sebagian besar kemampuannya, Rusia saat ini tetap menjadi salah satu negara nuklir paling kuat," ujar Putin dalam pidatonya, Kamis (24/2/2022).

Baca juga: Pulau Zmiinyi Ukraina Dilaporkan Jatuh ke Tangan Rusia

Selain itu, sambung Putin, Rusia juga memiliki keunggulan tertentu dalam beberapa senjata mutakhir.

"Dalam konteks ini, tidak ada keraguan bagi siapa pun bahwa calon agresor akan menghadapi kekalahan dan konsekuensi yang tidak menyenangkan jika menyerang negara kita secara langsung," imbuh Putin.

Dengan mengucapkan kata "nuklir" Putin memainkan kemungkinan bahwa pertempuran saat ini di Ukraina mungkin mengarah ke konfrontasi nuklir antara Rusia dan AS, sebagaimana dilansir Associated Press.

Baca juga: Uni Eropa Beri Rusia Sanksi Baru, Klaim Bakal Berdampak Maksimal

Di sisi lain, Perancis turut menanggapi pidato Putin soal kekuatan nuklir yang dimiliki Rusia.

Menteri Luar Negeri Perancis Jean-Yves Le Drian mengatakan, Putin perlu memahami bahwa NATO juga merupakan aliansi nuklir.

Tetapi, dia mengesampingkan intervensi militer pimpinan NATO untuk mempertahankan Ukraina, sebagaimana dilansir Reuters.

"Ya, saya pikir Vladimir Putin juga harus memahami bahwa aliansi Atlantik (NATO) adalah aliansi nuklir. Itu saja yang akan saya katakan tentang ini," kata Le Drian pada Kamis di televisi Prancis TF1.

Baca juga: Ukraina Kecam Serangan Roket Rusia yang Mengerikan di Kiev!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com