Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2022, 09:02 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KIEV, KOMPAS.com - Ukraina pada Jumat (21/1/2022) menuduh Rusia meningkatkan pasokan senjata, amunisi, dan peralatan militer ke wilayah yang dikuasai separatis di Ukraina timur, menjelang pembicaraan penting antara Rusia dan Amerika Serikat (AS).

Daerah yang memisahkan diri dan berbatasan dengan Rusia itu, secara kolektif dikenal sebagai Donbass, terjebak konflik bersenjata dengan tentara Ukraina sejak pemberontakan yang didukung Kremlin menyusul pencaplokan Crimea oleh Rusia pada 2014.

Badan intelijen militer Ukraina mengatakan, Rusia terus meningkatkan kemampuan tempur separatis pro-Moskwa di wilayah yang memisahkan diri.

Baca juga: Kenapa Rusia dan Ukraina Perang, Termasuk Berebut Crimea?

Militer Rusia bulan ini secara diam-diam telah mentransfer lebih dari 7.000 ton bahan bakar, beberapa tank, dan unit artileri self-propelled melalui kereta api dan jalan raya ke wilayah tersebut, katanya dikutip dari AFP.

Ia menambahkan, Rusia juga melakukan perekrutan aktif tentara bayaran yang dikirim ke daerah-daerah yang dikuasai separatis.

Dengan puluhan ribu tentara Rusia berkumpul di perbatasan Ukraina, kekhawatiran meningkat bahwa konflik besar bisa pecah di Eropa.

Moskwa menegaskan, tidak ada rencana menyerang Ukraina, tetapi pada saat yang sama menetapkan serangkaian tuntutan keamanan - termasuk larangan bergabungnya Ukraina dengan NATO - sebagai imbalan untuk de-eskalasi.

Seorang anggota parlemen senior Rusia pada Jumat berkata, parlemen akan mempertimbangkan meminta Presiden Vladimir Putin secara resmi mengakui negara bagian separatis.

Konflik dengan separatis di Ukraina timur sejauh ini menewaskan lebih dari 13.000 orang.

Kiev dan para sekutu Baratnya menuduh Rusia mendukung pemberontak dengan tentara dan senjata, tetapi klaim itu dibantah Moskwa.

Baca juga: Apakah Rusia Benar-benar Ingin Menginvasi Ukraina? Ini Kemungkinannya...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com