Kompas.com - 21/01/2022, 07:01 WIB

PRAHA, KOMPAS.com - Seorang penyanyi folk dari Republik Ceko meninggal dunia setelah sengaja mengidap Covid, demikian ungkap putranya kepada BBC.

Hana Horka (57) tidak divaksinasi dan telah memposting di media sosial bahwa dia pulih setelah dites positif, tetapi meninggal dua hari kemudian.

Putranya, Jan Rek, mengatakan ibunya dengan sengaja mengidap Covid ketika Jan dan ayahnya terkena virus. Dengan demikian Horka bisa mendapatkan izin dari pihak berwenang sebagai penyintas Covid untuk bisa pergi ke tempat-tempat tertentu.

Baca juga: Peneliti Temukan Hubungan Genetik Hilangnya Indra Penciuman dan Perasa akibat Covid-19

Republik Ceko melaporkan rekor jumlah kasus Covid-19 pada Rabu (19/1/2022).

Rek dan ayahnya, yang keduanya sudah divaksinasi lengkap, sama-sama tertular Covid-19 saat Natal tahun lalu. Tetapi dia mengatakan ibunya telah memutuskan untuk tidak menjauh dari mereka, malah memilih untuk tertular virus itu.

"Dia seharusnya diisolasi selama seminggu karena kami dites positif. Tapi dia bersama kami sepanjang waktu," kata Rek.

Bukti vaksinasi atau sudah sembuh dari infeksi dari virus itu diperlukan di Republik Ceko agar dapat izin masuk ke banyak tempat sosial dan budaya, termasuk bioskop, bar, dan kafe.

Ibunya adalah anggota salah satu kelompok musik folk Ceko tertua, Asonance. Dia ingin tertular Covid sehingga nantinya bisa leluasa kemana-mana setelah sembuh, ungkap Rek.

Baca juga: Dilema Vaksinasi Covid-19 Anak di Brasil yang Terhalang Sikap Bolsonaro

Namun, maut malah menjemputnya. Dua hari sebelum meninggal, Horka menulis di media sosial bahwa dia sedang dalam pemulihan: "Sekarang akan ada teater, sauna, dan konser".

Pada Minggu pagi (16/1/2022), hari dia meninggal, Horka mengaku sudah merasa lebih baik dan berpakaian untuk berjalan-jalan. Tapi kemudian punggungnya mulai sakit, sehingga terpaksa berbaring di kamarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.