Kompas.com - 08/01/2022, 11:30 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com - Seorang pria mengaku telah menerima 11 dosis vaksin Covid-19 di negara bagian Bihar, seorang pejabat kesehatan India.

Brahmdeo Mandal, 65 tahun, telah mengklaim bahwa ia menerima setidaknya delapan kali vaksin Covid-19 tahun lalu.

Baca juga: Pemberian Vaksin Covid-19 Dosis Keempat di Israel Disebut Bisa Tingkatkan Antibodi 5 Kali Lipat

Pensiunan tukang pos itu mengatakan dosis itu telah membantunya menghilangkan rasa sakit dan nyeri dan "tetap sehat". Dia mengaku tidak mengalami efek samping.

Tindakan Mandal akhirnya berhasil terbongkar aparat ketika dia berusaha mengambil apa yang diklaimnya sebagai suntikan vaksin Covid-19 ke-12 di sebuah kamp minggu lalu.

Penyelidikan sedang dilakukan untuk mengetahui bagaimana Mandal, yang tinggal bersama keluarganya di distrik Madhepura, berhasil mendapatkan beberapa dosis vaksin Covid-19.

"Kami telah menemukan bukti bahwa dia mengambil delapan tusukan dari empat tempat," kata Amarendra Pratap Shahi, ahli bedah sipil dari Madhepura melansir BBC Jumat (7/1/2022).

Sejak vaksinasi dimulai pada 16 Januari tahun lalu, India telah memberikan dua vaksin yang diproduksi secara lokal, Covishield dan Covaxin. Vaksin dua dosis memiliki jeda 12-16 minggu.

Baca juga: Kebun Binatang di Chile Beri Vaksin Covid-19 Dosis Kedua untuk Harimau dan Orang Utan

Vaksinasi di India bersifat sukarela, dan lebih dari 90.000 pusat, sebagian besar dikelola negara, menawarkan vaksinasi di seluruh negeri.

Itu termasuk kamp vaksinasi yang menawarkan vaksin Covid-19 langsung tanpa registrasi online sebelumnya. Untuk mendaftar, penerima perlu menyerahkan setidaknya 10 dokumen sebagai bukti, seperti identitas - kartu biometrik, ID pemilih atau SIM.

Data yang dikumpulkan dari situs tersebut diunggah ke portal vaksin India, CoWin.

Halaman:
Baca tentang
 
Pilihan Untukmu
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Video Pilihan

Sumber BBC, ANI
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.