Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratu Live Streaming China Didenda Rp 2,9 Triliun karena Mengemplang Pajak

Kompas.com - 20/12/2021, 20:19 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

BEIJING, KOMPAS.com - Huang Wei, influencer China yang dijuluki ratu live streaming, didenda 1,3 miliar yuan (Rp 2,9 triliun) karena mengemplang pajak.

Putusan tersebut diumumkan pihak berwenang pada Senin (20/12/2021), dan merupakan denda terbesar dari jenisnya dalam tindakan keras Beijing terhadap selebriti.

Huang Wei, yang dikenal dengan nama pengguna Viya, adalah salah satu influencer e-commerce paling populer di China dengan lebih dari 110 juta followers di media sosial.

Baca juga: Jalan-jalan di Chernobyl Tanpa APD, Influencer China Banjir Kritik

Otoritas pajak di provinsi Zhejiang mengatakan, antara 2019-2020 dia "mengemplang 643 juta yuan pajak melalui cara-cara seperti menyembunyikan pendapatan pribadi dan laporan pendapatan palsu."

"Total 1,341 miliar yuan dikenakan pada Huang Wei dalam pengumpulan pajak, biaya keterlambatan tambahan, dan denda," kata pihak berwenang dalam pernyataan online yang dikutip AFP.

Beijing menerapkan tindakan keras yang lebih luas terhadap penghindaran pajak dan perilaku tidak bermoral di industri hiburan awal tahun ini, yang juga berdampak pada influencer online dan grup penggemar selebriti.

Bulan lalu, dua live streamer China didenda 14 juta dollar AS (Rp 201,5 miliar) oleh otoritas pajak Zhejiang.

Viya kemudian mengunggaj permintaan maaf yang panjang di platform media sosial mirip Twitter, Weibo.

“Saat penyidikan, saya menyadari perbuatan saya memang melanggar peraturan perundang-undangan perpajakan, saya sangat menyesalkan dan meminta maaf kepada masyarakat,” ujarnya.

"Saya sepenuhnya menerima keputusan hukuman departemen pajak yang relevan yang dibuat terhadap saya sesuai dengan hukum."

Viya sebelumnya didenda 530.000 yuan (Rp 1,19 miliar) pada Juni karena melanggar undang-undang periklanan, setelah penggemar menuduhnya menjajakan produk palsu.

Baca juga: Mengaku Influencer, Pria Ini Coba Bayar Restoran dengan Follower yang Hanya 217

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com