Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Salah Tangkap Dikira Pembunuh Jamal Khashoggi Ungkap Mengerikannya Penjara Perancis

Kompas.com - 10/12/2021, 16:32 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

RIYADH, KOMPAS.com - Pria Arab Saudi yang menjadi korban salah tangkap di Perancis karena dikira pembunuh jurnalis Jamal Khashoggi, merasa seperti berada di kebun binatang selama penahanannya, katanya kepada stasiun tv Arab Saudi, Kamis (9/12/2021).

Khalid Al Otaibi, nama pria itu, tampak lelah dan pucat serta mengenakan sweter hitam dan topi hitam. Ia ditangkap di bandara utama Paris pada Selasa (7/12/2021) kemudian dibebaskan sehari kemudian.

"Mereka membawaku ke ruangan yang seluruhnya terbuat dari kaca dan digunakan untuk penjahat, ada kamera pengawas dan ventilasinya tidak bagus," katanya kepada TV negara Arab Saudi, Al Ekhbariya.

Baca juga: Tersangka Pembunuhan Jamal Khashoggi Ditangkap di Paris, Kemungkinan Diekstradisi ke Turki

"Aku mencoba tidur sepanjang malam, tetapi tidak bisa karena tempatnya tidak nyaman," tambahnya. "Mereka mengawasiku seperti di kebun binatang."

"Mereka bertanya apakah aku ingin makan dan mereka memberiku air dalam cangkir yang tidak bersih," katanya dikutip dari AFP.

Otaibi adalah korban dari kasus kesalahan identitasm karena bernama sama dengan pria yang dicari berdasarkan surat perintah penangkapan internasional, sehubungan dengan pembunuhan Jamal Khashoggi.

Otaibi yang masih burin diduga menjadi bagian regu pembunuh yang melakukan pembunuhan Jamal Khashoggi di konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 2018.

"Aku mencoba menghindari masalah," kata pria yang dibebaskan itu tentang cobaannya. "Awalnya, mereka mencegahku berbicara dengan kedutaan.

"Di pagi hari seorang petugas datang dan komunikasi menjadi lebih baik. Kemudian kedutaan datang dengan seorang pengacara dan mereka membawaku keluar," pungkasnya.

Baca juga: Akui Salah Tangkap, Perancis Bebaskan Tersangka Pembunuhan Jamal Khashoggi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com