Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/12/2021, 17:00 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

ZHENGZHOU, KOMPAS.com - Chen Zhenfeng (39), pria asal Provinsi Henan, China, memutuskan untuk menikah lagi dengan mantan istrinya, Xie Hongxia (35), yang sakit parah.

Keputusan itu membuat Chen viral di media sosial Weibo, sejenis Twitter di China, dan turut dilaporkan media pemerintah Dingduan.

Xie Hongxia dilaporkan menderita uremia, suatu kondisi ketika ginjal berhenti menyaring racun dari urine, dan dikatakan sebagai tanda penyakit ginjal stadium akhir.

Baca juga: 2 Tahun Cerai, Pria Ini Nikahi Lagi Mantan Istrinya yang Sakit Parah untuk Merawatnya

Chen Zhenfeng, yang saat ini menjadi pegawai negeri sipil (PNS) setelah pensiun dari militer sekitar 20 tahun yang lalu, mengaku siap menjual rumahnya untuk menutupi tagihan medis Xie Hongxia yang diperkirakan sekitar 1 juta yuan (Rp 2,26 miliar).

Ia juga mengatakan, dirinya bersedia mendonasikan salah satu ginjalnya kepada istrinya jika secara medis cocok, setelah dokter menyarankan untuk melakukan transplantasi mengingat kondisinya yang sudah buruk.

"Jangan menangis, aku rela menyerahkan satu ginjalku meskipun itu berarti aku mungkin hidup beberapa tahun lebih sedikit dan dirimu bisa hidup lebih lama”, ujar Chen dalam sebuah wawancara dengan media yang dikutip World of Buzz.

Chen saat ini berpenghasilan sekitar 3.000 yuan (Rp 6,8 juta) sebulan dari pekerjaan hariannya di biro transportasi kota, dan bekerja sampingan sebagai sopir di malam hari untuk mendapatkan penghasilan tambahan, menurut laporan media China Zhengguan News.

Namun, penghasilannya tidak cukup untuk menutupi biaya cuci darah Xie, yang menelan 6.000 yuan (Rp 13,6 juta) per bulan. Chen pun berniat menjual rumahnya untuk menutupi biaya pengobatan Xie.

Beberapa veteran militer dan warga dilaporkan menyumbangkan sekitar 20.000 yuan (Rp 45,3 juta) kepada keluarga Chen Zhenfeng baru-baru ini.

Kisah ini lalu dibagikan oleh media yang dikendalikan Pemerintah China, Global Times, di halaman Weibo mereka dengan judul, "Tidak meninggalkan dan tidak menyerah, (ini) adalah representasi cinta yang paling indah".

Baca juga: Istri Tak Jujur Positif Covid-19, Paru-paru Suami Menghitam Akhirnya Sekeluarga Meninggal

Bercerai setelah tujuh tahun menikah

Chen Zhenfeng (39) menikahi lagi mantan istrinya, Xie Hongxia (35), yang sakit parah untuk merawatnya. Mereka bercerai pada 2019.YOUTUBE D?? via WORLD OF BUZZ. Chen Zhenfeng (39) menikahi lagi mantan istrinya, Xie Hongxia (35), yang sakit parah untuk merawatnya. Mereka bercerai pada 2019.
Menurut Dingduan, Chen dan Xie dipertemukan oleh anggota keluarga dan menikah pada 2012. Chen waktu itu berusia 30 tahun dan Xie 26 tahun.

Tahun 2019, pasangan tersebut dilaporkan mengajukan gugatan cerai setelah konflik berkepanjangan.

World of Buzz pada Senin (29/11/2021) melaporkan, pernikahan mereka mendapat ujian ketika Xie dua kali keguguran. Bahtera rumah tangga mereka pun kandas karena karena stres.

Setelah bercerai, Xie didiagnosis menderita penyakit ginjal ketika memeriksakan gangguan penglihatannya.

Penyakit ginjal dapat menyebabkan masalah yang memengaruhi penglihatan pasien, menurut National Kidney Foundation of US yang dikutip Mothership, Jumat (3/12/2021).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com