KBRI Beijing Gelar Media Gathering, Ini yang Disampaikan Dubes RI untuk China

Kompas.com - 06/12/2021, 16:08 WIB
Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk China, Djauhari Oratmangun memberikan keterangan dalam acara media gathering bertema ?Updates from Indonesia? sebagai wadah dialog bersama media lokal China di KBRI China, Rabu (1/12/2021). Kompas.comDuta Besar (Dubes) Indonesia untuk China, Djauhari Oratmangun memberikan keterangan dalam acara media gathering bertema ?Updates from Indonesia? sebagai wadah dialog bersama media lokal China di KBRI China, Rabu (1/12/2021).

BEIJING, KOMPAS.com - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beijing, China menyelenggarakan media gathering bertema "Updates from Indonesia" sebagai wadah dialog bersama media lokal China, Rabu (1/12/2021).

Dalam keterangan tertulis dari KBRI Beijing yang diterima Kompas.com, Minggu (5/12/2021), media gathering dimaksudkan untuk menginformasikan berbagai perkembangan yang terjadi di Tanah Air, termasuk isu-isu strategis yang telah berkembang di antara hubungan Indonesia dan China.

Mengawali dialog, Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) untuk China, Djauhari Oratmangun menyampaikan apresiasi kepada seluruh awak media lokal China yang telah memfasilitasi promosi Indonesia melalui platform media yang tersebar di seluruh “Negeri Tirai Bambu” ini.

Baca juga: Promosikan Indonesia, KBRI Beijing Putar Film Kartini di China

Pada kesempatan tersebut, Dubes Djauhari menyampaikan bahwa Presidensi G20 Indonesia yang dimulai pada 1 Desember 2021 akan mengusung tema "Recover Together, Recover Stronger".

Tema ini relevan dalam merefleksikan dinamika global saat ini dalam pemulihan ekonomi pascapandemi.

Selain itu tema ini juga bermakna bahwa upaya bersama memerangi pandemi harus bersifat inklusif, berfokus pada komunitas, ramah lingkungan, dan berkelanjutan.

Dalam kesempatan itu, dipaparkan juga performa nilai perdagangan Indonesia-China yang menarik karena per periode Januari-September 2021 angka perdagangan mencapai 85,3 miliar dolar AS.

Nilai ekspor Indonesia ke China terbilang tinggi di angka 42,8 miliar dolar AS dengan pertumbuhan 59,7 persen dibandingkan total ekspor Indonesia ke China pada 2020.

Sementara, total nilai impor Indonesia pada 2021 berada di angka 42,5 miliar dolar AS atau naik 46,5 persen dibanding tahun lalu.

Baca juga: AS Dikabarkan Segera Umumkan Boikot Diplomatik Olimpiade Beijing 2022

Selain itu, potensi kerja sama di sektor ekonomi digital Indonesia dan China didorong bisa ditingkatkan karena Indonesia menargetkan 12 persen keseluruhan Produk Domestik Bruto (PDB) dari sektor tersebut pada 2025.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.