Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buku Pertama tentang Polandia dalam Bahasa Indonesia Resmi Diterbitkan

Kompas.com - 28/11/2021, 22:01 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penerbit Gramedia Pustaka Utama resmi meluncurkan buku Negara Polandia untuk Pemula karya Piotr Smieszek dan Arun Smieszek.

Peluncuran buku berlangsung secara daring, pada Jumat (26/11/2021). Buku pertama tentang Polandia yang ditulis dalam bahasa Indonesia ini terbit dengan dukungan penuh dari Kedutaan Besar Polandia di Indonesia.

Dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.com, buku Negara Polandia untuk Pemula ditulis oleh pasangan suami-istri, Piotr Smieszek dan Arun Smieszek yang kini menetap di Yogyakarta.

Baca juga: KBRI Sofia Promosikan Indonesia kepada Masyarakat Bulgaria dan Duta Besar

Lewat 13 bab, kedua penulis merangkai berbagai aspek utama yang perlu diketahui tentang Polandia. Mulai dari sejarah, tokoh terkenal, seni, pendidikan, wisata, kuliner, hingga keterkaitan antara Polandia dan Indonesia.

Nama-nama dan istilah yang familiar bagi orang Indonesia seperti ilmuwan peraih Nobel Maria Sk?odowska Curie, Paus Jan Pawel II, pesepak bola Robert Lewandowski dan Egy Maulana, sejarah kelam kamp konsentrasi Auschwitz, Polonia di Medan, hingga bahasa Esperanto, turut diulas dengan dilengkapi berbagai pengetahuan seputar Polandia yang selama ini masih jarang diketahui, seperti Galaretka Miesna; jeli daging Polandia, Bolek i Lolek kartun Polandia terpopuler sepanjang masa, hingga Wroclaw; bintang baru di peta Polandia.

“Buku ini bukan tentang perbedaan atau kesamaan kedua negara, bukan pula tentang orang-orang di kedua negara. Buku ini juga bukan buku yang bersifat akademis, bukan pula buku yang menceritakan tentang kehidupan sehari-hari di kedua negara, maupun tentang sejarah atau politik," tulis Arun dalam pendahuluan bukunya.

"Buku ini akan menuntun Anda untuk menemukan dimensi baru dalam bidang budaya dan wisata.”

“Penulisan buku ini telah kami rancang menggunakan uraian yang ringkas, mendalam, dan tidak bertele-tele. Misalnya bab tentang kuliner yang kami sajikan secara ringkas dan cukup untuk Anda pahami."

"Bab lainnya, seperti sejarah dan tokoh dunia, kami jelaskan dengan sangat ringkas dan padat, yang mungkin membuat Anda merasa tidak cukup. Efek itulah yang memang kami inginkan agar Anda tertantang untuk mempelajarinya lebih jauh,” tambahnya.

Diskusi semakin menarik dengan kehadiran Yolanda Victoria, mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan S-3 di Poznan University of Life Science, Polandia.

Dipandu moderator Glory Oyong, para peserta antusias bertanya banyak hal seputar kehidupan di Polandia kepada para narasumber untuk memperkaya wawasan mereka tentang negara ini.

Baca juga: KBRI Manila dan Madeinindonesia.com Gelar Pameran di Manila

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com