Kompas.com - 17/10/2021, 05:45 WIB
Ilustrasi globalisasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi globalisasi.

KOMPAS.com - Dampak globalisasi di bidang sosial budaya dapat terlihat dari fenomena pengalaman hidup sehari-hari.

Proses globalisasi budaya melibatkan penyebaran dan difusi ideologi (nilai, gagasan, norma, keyakinan, dan harapan), dan produk budaya lain melampaui batas negara.

Ini merujuk secara khusus pada gagasan bahwa sekarang ada budaya tunggal yang global dan umum, yang ditransmisikan dan diperkuat oleh internet.

Sejarah menunjukkan bahwa proses ini bukanlah proses yang netral. Ideologi dari negara-negara dominanlah yang mendorong dan membingkai globalisasi ekonomi dan politik. Secara umum, inilah yang tersebar di seluruh dunia, menjadi normal dan diterima begitu saja.

Berikut ini pengaruh globalisasi pada sosial budaya masyarakat yang terjadi melalui distribusi dan konsumsi media, barang, dan gaya hidup dari negara lain.

Baca juga: Apa Itu Globalisasi? Definisi, Efek, dan Contohnya

Migrasi

Migrasi merupakan aspek penting dari globalisasi budaya. Proses ini telah berlangsung selama beberapa abad, dengan bercampurnya bahasa, kepercayaan agama, dan nilai-nilai penduduk asing dan lokal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Proses ini disebarkan melalui penaklukan militer, pekerjaan misionaris, dan perdagangan.

Namun, dalam 30 tahun terakhir, proses globalisasi budaya semakin intensif karena kemajuan teknologi baik teknologi transportasi maupun komunikasi.

Makanan

Globalisasi makanan adalah salah satu contoh globalisasi budaya yang paling jelas ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Konsumsi makanan merupakan aspek penting dari budaya dan sebagian besar masyarakat di seluruh dunia memiliki pola makan yang unik bagi mereka, namun globalisasi budaya makanan telah dipromosikan oleh raksasa makanan cepat saji, seperti McDonald's, Coca-Cola, dan Starbucks.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.