Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Direktur Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo Dipecat karena Bercanda tentang Holocaust

Kompas.com - 22/07/2021, 11:42 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

TOKYO, KOMPAS.com - Direktur upacara pembukaan Olimpiade Tokyo, Kentaro Kobayashi, dipecat karena melontarkan candaan tentang Holocaust, kata penyelenggara pada Kamis (22/7/2021).

Holocaust adalah peristiwa genosida umat Yahudi di Eropa saat Perang Dunia II. Selama 1941-1945 Nazi membantai sekitar 6 juta orang Yahudi di wilayah pendudukan mereka. Jumlah itu setara dua pertiga warga Yahudi di Eropa.

Kobayashi membuat candaan soal Holocaust di video sketsa tahun 1998, yang muncul secara online jelang upacara pembukaan Olimpiade Tokyo pada Jumat (23/7/2021).

Baca juga: Benarkah Olimpiade Tokyo Digelar karena Tekanan IOC? Ini Jawaban PM Jepang

"Terungkap saat pertunjukan sebelumnya, (dia) menggunakan bahasa yang mengejek fakta sejarah yang tragis," kata ketua Olimpiade Tokyo 2020 Seiko Hashimoto kepada wartawan.

"Panitia penyelenggara telah memutuskan untuk melepas Kobayashi dari jabatannya," tambahnya dikutip Kompas.com dari AFP.

Dalam sketsa komedi tersebut, Kobayashi dan rekannya berpura-pura menjadi sepasang penghibur terkenal di program TV anak-anak.

Saat mereka melakukan kegiatan dengan kertas, Kobayashi menyebut beberapa potongan boneka kertas dengan berkata, "Dari masa ketika kalian bilang 'mari kita mainkan Holocaust'," yang kemudian diikuti tawa penonton.

Kobayashi dan rekannya kemudian bercanda tentang bagaimana produser televisi marah dengan saran dari kegiatan Holocaust.

Baca juga: WHO Prediksi Akan Ada 100.000 Kematian Covid-19 hingga Olimpiade Berakhir

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com