Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Poveglia Disebut sebagai Pulau Angker Di Dunia

Kompas.com - 09/07/2021, 18:54 WIB
Krisna Diantha Akassa,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

ROMA, KOMPAS.com - Terletak hanya 5 km dari kota turisme terkenal Venezia, Pulau Poveglia nyaris luput dari perhatian turis. Lido, Murano atau Burano lebih terkenal dari Poveglia.

"Orang Venezia memang tidak ingin Pulau Poveglia diekspos untuk turis. Mereka ingin menghormati yang meninggal di pulau itu,“ tutur Kristine Hermin, diaspora Indonesia di Venezia.

Sebanyak 160 ribu orang Venezia diperkirakan terkubur di sana. Ada yang yang menyebutkan dibakar hidup hidup atau ditimbun secara masal di pulau itu. Penyebabnya, mereka dianggap akan menulari penduduk daratan, khususnya Venezia.

Baca juga: Masa Lalu Kelam, Masyarakat Venezia Coba Tutupi Pulau Angker Poveglia

Semua bermula dari wabah kolera dan pes pada 1793. Black Disease begitu mereka menyebutnya, memapar Venezia dan sekitarnya.

Mereka yang dianggap sakit, langsung diasingkan di Poveglia. "Jika ada topeng berbentuk kepala burung dengan paruh yang panjang, itulah topeng dokter agar bau mayat tidak masuk ke hidung mereka,“ kata warga setempat.

Begitu wabah reda, Poveglia sempat jatuh ke tangan Napoleon Bonaparte, dan menjadikan pulau ini sebagai penyimpanan senjata. Di 1920, pemerintah Italia mendirikan rumah sakit jiwa. Saat inilah eksperimen perawatan pasien sakit jiwa dimulai.

Disebut sebut ada dokter yang melakukan penggergajian kepala pasien untuk mencoba mengobati pasien sakit jiwa. Mereka yang menolak akan dilempar dari menara rumah sakit ini.

Teriakan teriakan terdengar seantero pulau dari pucuk menara ini. Dokter tersebut dikabarkan meninggal juga dari menara ini.

Ada versi dia bunuh diri, versi lain menyebutkan dia didorong oleh pasien yang marah. Pada 1968, rumah sakit ini ditutup.

Setelah penutupan itu, pemerintah Italia mencoba melelang pulau ini. Beberapa investor menawarkan proyek pariwisata dengan hotel berbintang. Investor lain menawarkan pendirian panti jompo.

Hingga kini, proyek tersebut tidak pernah terwujud. Selain dibayangi kisah menyeramkan, juga keengganan masyarakat Venezia juga menjadi kendala.

Pulau Poveglia kini tertutup untuk umum. Namun beberapa Urbex atau Paranormal dengan berbagai cara masih bisa mengunjungi pulau ini.

Baca juga: Nekat Mudik Malam Hari, Siap-siap Diisolasi di Tempat Angker Puncak Bogor

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com