Kompas.com - 09/07/2021, 17:42 WIB
Konvoi tentara Afghanistan berhenti sejenak di garis depan pertempuran melawan Taliban, dekat kota Badakhshan, Afghanistan utara, Minggu (4/7/2021). Lebih dari 1.000 personel melarikan diri ke negara tetangga, Tajikistan, karena kalah bentrok melawan Taliban. AP PHOTO/NAZIM QASMYKonvoi tentara Afghanistan berhenti sejenak di garis depan pertempuran melawan Taliban, dekat kota Badakhshan, Afghanistan utara, Minggu (4/7/2021). Lebih dari 1.000 personel melarikan diri ke negara tetangga, Tajikistan, karena kalah bentrok melawan Taliban.

KABUL, KOMPAS.com – Sejumlah pejabat Afghanistan melaporkan, Taliban berhasil merebut rute penyeberangan penting di perbatasan antara Afghanistan dengan Iran.

Sebuah video yang menunjukkan milisi Taliban menurunkan bendera Afghanistan dari atap kantor bea cukai perbatasan Afghanistan-Iran lantas beredar di internet.

Melansir BBC, rute penyeberangan perbatasan antara Afghanistan dengan Iran yang berhasil direbut Taliban adalah persimpangan Islam Qala, di provinsi Herat.

Baca juga: Taliban Kuasai Dua Pertiga Wilayah Perbatasan Afghanistan-Tajikistan

Persimpangan Islam Qala merupakan salah satu gerbang perdagangan terbesar ke Iran.

Awal pekan ini, tentara Amerika Serikat (AS) secara diam-diam meninggalkan Pangkalan Udara Bagram yang merupakan pusat operasi “Negeri Paman Sam” di Afghanistan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat pasukan AS dan pasukan asing pergi dari Afghanistan, Taliban dengan cepat merebut kembali beberapa wilayah di negara tersebut.

Kini, Taliban diperkirakan telah menguasai lebih dari sepertiga dari 400 distrik Afghanistan.

Baca juga: Protes Taliban, Wanita Afghanistan Turun ke Jalan Membawa Senjata

Pada Jumat (9/7/2021), Pemerintah Afghanistan mengakui bahwa pihaknya kehilangan persimpangan Islam Qala.

Kementerian Dalam Negeri Afghanistan Tareq Arian mengatakan kepada AFP bahwa pasukan telah dikerahkan di sana untuk merebut kembali perbatasan itu.

"Semua pasukan keamanan Afghanistan termasuk unit perbatasan hadir di daerah itu, dan upaya sedang dilakukan untuk merebut kembali lokasi itu," kata Arian.

Halaman:

Sumber BBC,AFP
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.