Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Taliban Kuasai Rute Perbatasan Penting Afghanistan-Iran

KABUL, KOMPAS.com – Sejumlah pejabat Afghanistan melaporkan, Taliban berhasil merebut rute penyeberangan penting di perbatasan antara Afghanistan dengan Iran.

Sebuah video yang menunjukkan milisi Taliban menurunkan bendera Afghanistan dari atap kantor bea cukai perbatasan Afghanistan-Iran lantas beredar di internet.

Melansir BBC, rute penyeberangan perbatasan antara Afghanistan dengan Iran yang berhasil direbut Taliban adalah persimpangan Islam Qala, di provinsi Herat.

Persimpangan Islam Qala merupakan salah satu gerbang perdagangan terbesar ke Iran.

Awal pekan ini, tentara Amerika Serikat (AS) secara diam-diam meninggalkan Pangkalan Udara Bagram yang merupakan pusat operasi “Negeri Paman Sam” di Afghanistan.

Kini, Taliban diperkirakan telah menguasai lebih dari sepertiga dari 400 distrik Afghanistan.

Pada Jumat (9/7/2021), Pemerintah Afghanistan mengakui bahwa pihaknya kehilangan persimpangan Islam Qala.

Kementerian Dalam Negeri Afghanistan Tareq Arian mengatakan kepada AFP bahwa pasukan telah dikerahkan di sana untuk merebut kembali perbatasan itu.

"Semua pasukan keamanan Afghanistan termasuk unit perbatasan hadir di daerah itu, dan upaya sedang dilakukan untuk merebut kembali lokasi itu," kata Arian.

Juru Bicara Taliban Zabihullah Mujahid lantas mengeklaim bahwa persimpangan tersebut berada di bawah kendali mereka secara penuh.

Sementara itu, sejumlah laporan menyebutkan bahwa milisi-milisi Taliban berhasil merebut lima distrik di provinsi Herat tanpa perlawanan.

Bahkan pada awal pekan ini, lebih dari 1.000 tentara Afghanistan terpaksa mundur dan melarikan diri ke Tajikistan saat diserang Taliban.

Pada Jumat pula, Kementerian Luar Negeri Rusia melaporkan bahwa Taliban sudah menguasai sekitar dua pertiga wilayah Afghanistan yang berbatasan dengan Tajikistan.

Oleh karenanya, Moskwa meminta semua pihak di Afghanistan untuk menahan diri sebagaimana dilansir AFP.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan, pihaknya melihat adanya ketegangan yang meningkat di perbatasan Afghanistan-Tajikistan.

“Gerakan Taliban dengan cepat menduduki sebagian besar distrik perbatasan dan saat ini menguasai sekitar dua pertiga perbatasan," kata Zakharova.

https://www.kompas.com/global/read/2021/07/09/174201470/video-taliban-kuasai-rute-perbatasan-penting-afghanistan-iran

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke