Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biden Bicara ke Netanyahu: Ingin Deeskalasi Hari Ini di Gaza atas Bentrokan Berdarah Israel dan Hamas

Kompas.com - 20/05/2021, 14:05 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber The Sun

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Joe Biden mengatakan kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bahwa dia ingin "deeskalasi signifikan hari ini" di Gaza atas bentrokan berdarah antara Israel dan Hamas.

Melansir The Sun pada Rabu (19/5/2021), Gedung Putih mengonfirmasi bahwa Biden telah membicarakan soal deeskalasi dengan Netanyahu pada Rabu (19/5/2021) pagi waktu setempat.

"Kedua pemimpin melakukan diskusi rinci tentang keadaan di Gaza, kemajuan Israel dalam menurunkan kemampuan Hamas dan elemen teroris lainnya, serta upaya diplomatik yang sedang berlangsung oleh pemerintah kawasan dan Amerika Serikat," pernyataan dari Gedung Putih.

Baca juga: Ditanya soal Israel, Biden Bercanda Bakal Tabrak Jurnalis Penanya

"Presiden menyampaikan kepada Perdana Menteri bahwa ia beharap deeskalasi terjadi hari ini menjadi bagian dari gencatan senjata," imbuhnya.

Sebelumnya, Netanyahu mengancam akan "menaklukkan" Hamas dan memperingatkan bahwa militer negaranya akan terus melanjutkan perjuangan mereka.

Berbicara di Tel Aviv, pemimpin Isael itu mengatakan, "Hanya ada dua jalan untuk Anda dapat menangani Hamas. Anda menaklukkan mereka atau Anda menghalangi mereka."

"Kami sedang dalam tindakan menghalangi paksa, tapi saya harus katakan bahwa kami tidak menutup kemungkinan apa pun," ujarnya.

Baca juga: Erdogan: Biden Berlumur Darah karena Mendukung Israel

Peringatan Biden kepada Israel terjadi sehari setelah Biden melontarkan candaan kepada seorang reporter dalam acara uji coba truk listrik baru Ford.

Dalam rekaman yang beredar di media sosial, seorang reporter terdengar bertanya kepada Biden, "Bapak presiden, bisakah saya bertanya singkat tentang Israel sebelum Anda mengemudi karena ini sangat penting?"

Biden membalas, "Tidak. Anda tidak bisa tanyakan itu". Lalu, ia menambahkan, "Tidak, kecuali Anda berada di depan mobil saat aku menginjaknya (pedal gas)".

"Aku hanya bercanda," dia kemudian tertawa sambil menginjak pedal gas truk pikap F-150 Lightning yang baru dan pergi.

Baca juga: Telepon PM Israel, Biden Dukung Gencatan Senjata di Gaza

Biden telah berada di bawah pengawasan yang meningkat dari kedua sayap politk atas cara pemerintahannya mengatasi konflik yang sedang berlangsung di Timur Tengah antara Israel dan Hamas.

Pasukan Israel dan telah menghantam Gaza dengan serangan udara selama berhari-hari, saat Netanyahu menargetkan para pemimpin kelompok militan Hamas.

Sebagai balasannya, Hamas telah menembakkan ratusan roket ke arah Tel Aviv.

Ini adalah permusuhan yang paling mematikan antara kelompok militan dan Israel sejak 2014.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com