Inspirasi Energi: PLTB Lepas Pantai Bakal Serap Tenaga Kerja 3 Kali Lipat pada 2030

Kompas.com - 01/03/2021, 14:31 WIB
Ilustrasi Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) offshore ShutterstockIlustrasi Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) offshore

KOMPAS.com – Wabah Covid-19 telah menyebabkan anjloknya kebutuhan tenaga kerja di industri minyak dan gas (migas) global.

Meski bisnis migas diprediksi akan terkerek kembali, kebutuhan tenaga kerja di sektor ini tidak akan sama dengan masa kejayaannya beberapa tahun lalu.

Kendati demikian, ada sektor energi yang diprediksi akan menyerap cukup banyak tenaga kerja yakni pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) lepas pantai sebagaimana dilansir Oil Price.

Analisis energi Rystad Energy memprediksi, kebutuhan tenaga kerja untuk PLTB lepas pantai akan meningkat hingga tiga kali lipat pada akhir dekade ini.

Pada 2030, kebutuhan tenaga kerja untuk PLTB lepas pantai diprediksi melonjak menjadi 868.000 pekerjaan dari sekitar 297.000 pekerjaan pada 2020.

Baca juga: Inspirasi Energi: Apa Itu Kilang Minyak? Ini Penjelasannya

Kenaikan kebutuhan tenaga kerja di sektor ini kemungkinan sudah akan terlihat pada pertengahan dekade ini, atau mencapai sekitar 589.000 pekerjaan pada 2025.

Rystad Energy memperkirakan kapasitas terpasang angin lepas pantai dapat meningkat menjadi 110 gigawatt pada 2025 dan 250 gigawatt pada 2030.

Pertumbuhan yang pesat ini akan membutuhkan banyak tenaga kerja yang terampil.

Rystad Energy telah menghitung kebutuhan staf dalam jumlah pekerja setara penuh waktu dan memasukkan pekerjaan langsung dan tidak langsung yang didorong oleh penyebaran PLTB lepas pantai secara global.

Pekerjaan langsung berkaitan dengan manufaktur, konstruksi, instalasi, operasi, serta pemeliharaan PLTB lepas pantai.

Baca juga: Inspirasi Energi: Listrik dari PLTU Batubara Terseok Selama Pandemi, Emisi Gas Rumah Kaca Menurun

Halaman:

Sumber Oil Price
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X