Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/02/2021, 22:54 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

BEIJING, KOMPAS.com - Otoritas obat-obatan China pada Kamis (25/2/2021) mengatakan, telah menyetujui dua vaksin Covid-19 lagi oleh perusahaan domestik untuk penggunaan publik.

Kedua vaksin virus corona itu adalah buatan CanSino Biologics dan Sinopharm.

Keduanya diberi persetujuan bersyarat setelah terbukti dapat melindungi dari Covid-19, kata Badan Produk Medis Nasional dikutip dari AFP.

Baca juga: China dan India Berebut Pengaruh Politik Lewat Diplomasi Vaksin Covid-19

Persetujuan bersyarat ini bisa mempercepat pemasaran, jika uji klinis belum memenuhi standar nornal tetapi menunjukkan pengobatan akan berhasil.

Afiliasi Sinopharm yakni Institut Produk Biologi Wuhan mengatakan, produknya memiliki tingkat kemanjuran 72,51 persen, sedangkan CanSino keampuhannya 65,28 persen setelah 28 hari.

Dengan demikian, "Negeri Panda" sekarang sudah menyetujui empat vaksin corona domestik. Sebelumnya ada CoronaVac buatan Sinovac awal bulan ini, dan produk Sinopharm lainnya Desember tahun lalu.

Baca juga: Ternyata Ini Motif Hacker Korea Utara Retas Data Vaksin Covid-19 Pfizer

Pada Kamis badan obat-obatan China mengatakan, akan mewajibkan kedua pemegang lisensi untuk terus melakukan penelitian yang relevan, melengkapi persyaratan, dan menyerahkan hasil penelitian pada waktu yang ditentukan.

Meski begitu, tingkat kemanjuran yang dipublikasikan vaksin China masih jauh di belakang para pesaingnya, seperti Pfizer BioNTech (95 persen) dan Moderna (94 persen).

China bergegas mengembangkan vaksin buatan dalam negeri, dan bertujuan memvaksinasi 50 juta penduduknya sampai pertengahan Februari.

Pada 9 Februari, sudah lebih dari 40 juta dosis yang disuntikkan.

Negara pimpinan Xi Jinping itu juga menyediakan vaksin gratis ke 53 negara, dan mengekspor ke lebih dari 20 negara lainnya yang memesan.

Baca juga: Pentingnya Tidur Berkualitas Sebelum dan Setelah Disuntik Vaksin

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com