Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wartawan asal AS Dapat Penghargaan untuk Keberanian dalam Jurnalisme dari Yayasan Pantau

Kompas.com - 31/01/2021, 15:09 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Rilis

JAKARTA, KOMPAS.com - Philip Jacobson, seorang wartawan asal Chicago, Amerika Serikat (AS), mendapat Penghargaan Oktovianus Pogau untuk keberanian dalam jurnalisme dari Yayasan Pantau di Jakarta pada Minggu (31/1/2021).

Jacobson sendiri sudah bekerja di Indonesia selama 10 tahun sebagaimana rilis yang diterima Kompas.com.

“Phil Jacobson berani mengambil keputusan pindah ke Jakarta, belajar bahasa Indonesia, lantas meliput, belakangan menyunting, berbagai berita lingkungan hidup termasuk dirusaknya ratusan ribu hektar hutan di Indonesia,” kata Alexander Mering, salah satu juri yang ditunjuk Yayasan Pantau.

“Jacobson bahkan ditangkap di Palangkaraya, ditahan selama 45 hari, lantas dideportasi, dilarang masuk ke Indonesia, tanpa mengeluh, bahkan menunjukkan keteguhan soal perlunya kerja ini dilanjutkan,” imbuh Mering.

“Dia mendorong kita semua berjuang lebih keras melawan perampasan lahan atau hutan adat, baik oleh perusahaan perkebunan sawit maupun perusahaan tambang,” kata Mering, yang juga orang Dayak dari Kalimantan Barat.

Baca juga: Meksiko Negara Paling Berbahaya bagi Jurnalis, 119 Wartawan Dibunuh sejak 2000

Jacobson adalah contributing editor dari media yang berfokus pada isu lingkungan Mongabay.

Dia ikut memimpin beberapa proyek liputan kolaborasi Mongabay dan The Gecko Project, yang melibatkan beberapa reporter Mongabay di Indonesia maupun negara lain.

Beberapa proyek tersebut adalah "Menguak Aksi Kerajaan Kecil Sawit di Kalimantan”, “Tangan-tangan Setan Bekerja, Kesepakatan Lahan di Balik Jatuhnya Akil Mochtar”, dan “Kesepakatan Rahasia Hancurkan Hutan Papua".

Pada 2018, Jacobson menulis "Revealed: Paper giant’s ex-staff say it used their names for secret company in Borneo".

Tulisan tersebut mengulas bagaimana perusahaan Asia Pulp & Paper memakai nama-nama karyawan mereka untuk membuat perusahaan bayangan PT Muara Sungai Landak dan PT Cakrawala Persada Biomas di Kalimantan.

Yayasan Pantau memandang perjuangan Jacobson sejalan dengan visi Penghargaan Oktovianus Pogau, yang ingin mendorong keberanian dalam jurnalisme seiring dengan tujuan Yayasan Pantau guna meningkatkan mutu jurnalisme di Indonesia.

Baca juga: Didatangi Polisi, 2 Wartawan Australia Ini Dievakuasi dari China

Philip Jacobson

Jacobson lahir pada Januari 1989 di Los Angeles namun besar di Chicago. Dia kuliah di Northwestern University, dekat Chicago.

Pada 2011, ketika lulus sarjana jurnalisme, dia memutuskan datang ke Jakarta untuk bekerja sebagai copy editor harian Jakarta Globe.

Dari Indonesia, dia lantas bekerja sebagai reporter freelance untuk sejumlah publikasi Asia. Pada 2015, Jacobson mulai bekerja untuk Mongabay, sebuah situs berita dengan pusat di Palo Alto, California.

Dia lebih banyak melakukan koordinasi dengan belasan wartawan Mongabay di Indonesia serta menyunting liputan mereka dalam bahasa Inggris.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com