Hampir 20 Petugas Kepolisian Gedung Capitol Dilaporkan Positif Covid-19

Kompas.com - 21/01/2021, 15:50 WIB
Pendukung Presiden Donald Trump dihadapkan oleh petugas Kepolisian Capitol di luar Kamar Senat di dalam Capitol, Rabu, 6 Januari 2021 di Washington. AP PHOTO/ MANUEL BALCE CENETAPendukung Presiden Donald Trump dihadapkan oleh petugas Kepolisian Capitol di luar Kamar Senat di dalam Capitol, Rabu, 6 Januari 2021 di Washington.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Dua minggu setelah massa yang sebagian besar tanpa masker menyerbu Gedung Parlemen Amerika Serikat, sejumlah petugas kepolisian yang bertugas saat itu dilaporkan positif terpapar Covid-19.

Melansir New York Post pada Rabu (20/1/2021), sembilan belas anggota kepolisian Capitol AS telah dites positif terpapar virus corona, setelah bertugas dalam kerusuhan tersebut.

Petugas yang terinfeksi dikarantina di rumah pada Selasa (19/1/2021) menurut seorang pejabat yang mengetahui masalah kepegawaian kepada Bloomberg News.

Baca juga: Trump Disebut Hanya Duduk Menonton TV Saat Kerusuhan di Capitol AS

Anggota pasukan lainnya juga dipulangkan setelah mereka ditemukan terpapar virus melalui pelacakan kontak, kata laporan itu.

Kasus-kasus itu muncul setelah perusuh pro-Trump, beberapa di antaranya mengenakan masker, menyerang Capitol.

Namun, tidak diketahui pasti apakah infeksi tersebut terkait dengan pengepungan 6 Januari.

Lima orang tewas dalam kekacauan itu, termasuk Petugas Polisi Brian Sicknick, yang disemprot merica dan dipukul secara fatal.

Baca juga: DPR AS: Trump dapat Terseret dalam Kasus Pembunuhan di Gedung Capitol

Para perusuh mengalir ke Gedung Capitol dalam upaya menggagalkan sertifikasi Kongres atas kemenangan pemilihan presiden Joe Biden.

Beberapa anggota parlemen, yang harus dievakuasi selama kekacauan, juga telah dinyatakan positif Covid-19.

Kepolisian Capitol terdiri dari 2.300 petugas dan pegawai sipil. Departemen tidak segera memberikan komentar pada Rabu (20/1/2021).

Baca juga: Gedung Capitol Ditutup, Washington DC bak Zona Perang Jelang Pelantikan Joe Biden

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X