Kelompok Militan di Jalur Gaza Luncurkan Roket sebagai Latihan Militer Bersama

Kompas.com - 29/12/2020, 19:58 WIB
Anggota brigade Ezzedine al-Qassam, sayap militer Hamas yang menguasai Jalur Gaza. AFPAnggota brigade Ezzedine al-Qassam, sayap militer Hamas yang menguasai Jalur Gaza.

GAZA, KOMPAS.com - Serangkaian kelompok militan Palestina meluncurkan roket ke Laut Mediterania dari Jalur Gaza pada Selasa (29/12/2020), yang disebut mereka sebut sebagai latihan bersama.

Latihan militer itu diumumkan atas nama komando bersama yang dibentuk oleh kelompok-kelompok militan pada 2018. 

Gaza adalah suatu kawasan yang dijalankan oleh Hamas dan juga rumah bagi kelompok militan lainnya, termasuk organisasi ISIS.

Baca juga: Berselang Sepekan, Israel Kembali Serang Gaza

Delapan roket meluncur melalui langit tak berawan di Gaza menuju Laut Mediterania setelah Abu Hamza, juru bicara ISIS, menyampaikan pidato terkait peluncuran roket dalam latihan militer bersama tersebut.

Latihan militer bersama itu akan mencakup latihan darat dan pesisir yang dijelaskan oleh kelompok tersebut sebagai ujian kesiapan mereka, untuk setiap konfrontasi di masa depan dengan Israel, seperti yang dilansir dari Reuters pada Selasa (29/12/2020).

Baca juga: Pemimpin Tertinggi Iran: Lengsernya Trump Bukan Akhir Permusuhan dari AS

Media Israel mengatakan latihan itu diselenggarakan oleh dukungan militan di Teheran untuk menunjukkan risiko yang bisa dihadapi Israel, jika Iran berada di bawah serangan AS atau Israel di hari-hari terakhir pemerintahan Trump.

Pada malam latihan, potret besar komandan militer Iran Jenderal Qassem Soleimani, yang tewas pada Januari lalu dalam serangan AS di Irak, dipasang di sepanjang jalan pantai utama Gaza.

Baca juga: AS Sudah Bersiap jika Iran Membalas Kematian Jenderal Qasem Soleimani

Ketegangan antara Iran dan Israel telah meningkat sejak pembunuhan 27 November terhadap ilmuwan nuklir Iran, Mohsen Fakhrizadeh.

Iran menyalahkan Israel atas kematiannya, tapi Israel tidak membenarkan atau menyangkal peran itu.

Baca juga: Tensi dengan Iran Terus Meningkat, AS Kirim Kapal Selam Bertenaga Nuklir

Tampilan rudal Gaza pada Selasa (29/12/2020) tidak memicu sirene apa pun di Israel.

Hanya saja Israel menluncurkan drone-nya untuk mengawasi wilayah Gaza dan menggunakan sistem intersepsi rudal yang canggih, karena dalam 24 jam terakhir latihan tersebut melibatkan militan dari Hamas, ISIS, Komite Perlawanan Populer dan kelompok bersenjata yang lebih kecil.

Baca juga: Serangan Roket ke Kedutaan AS di Baghdad, Trump Ancam Iran


Sumber REUTERS
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X