Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Perancis Emmanuel Macron Sudah Bebas Gejala Covid-19

Kompas.com - 24/12/2020, 19:04 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

PARIS, KOMPAS.com - Presiden Perancis Emmanuel Macron dinyatakan sudah bebas gejala Covid-19, menurut pernyataan kantornya pada Kamis (24/12/2020).

Pengumuman ini datang setelah seminggu Macron positif virus corona.

Istana Elysee menambahkan, presiden yang kini dalam isolasi di kediaman resmi dekat Paris tempat dia menggelar pertemuan virtual, tidak perlu lagi dikarantina.

Baca juga: Para Pemimpin Uni Eropa Cepat-cepat Tes Covid-19 Setelah Macron Positif Terinfeksi

"Macron tidak menunjukkan gejala dalam tahap ini, dan isolasi presiden bisa berakhir setelah tujuh hari," demikian bunyi pernyataan tersebut dikutip dari AFP.

Lebih lanjut dikatakan juga bahwa presiden berusia 43 tahun itu tetap menangani masalah-masalah negara selama isolasi, dan akan terus melakukannya dalam beberapa jam serta hari mendatang.

Macron dites positif virus corona pada Kamis pekan lalu (17/12/2020). Ia menunjukkan gejala kelelahan, batuk, dan nyeri otot, lalu berjanji akan menyampaikan kondisinya setiap hari.

Baca juga: Selain Macron, Ini Deretan Kepala Negara yang Terinfeksi Covid-19

Kantornya melaporkan tanda-tanda kemajuan untuk pertama kalinya pada Rabu (23/12/2020), setelah dalam pernyataan sebelumnya menyebut suami Brigitte Macron itu kondisinya stabil.

Sementara itu pihak berwenang "Negeri Eiffel" khawatir periode liburan Natal dapat berdampak pada lonjakan kasus Covid-19, setelah total kematian akibat virus corona di Perancis mencapai hampir 62.000 minggu ini.

Pada Rabu malam (23/12/2020) otoritas Perancis mengumumkan hampir 15.000 kasus baru dalam 24 jam terakhir disertai 278 kematian.

Vaksinasi akan dimulai pada Minggu (27/12/2020), yang diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes) dan para lansia.

Uni Eropa memberikan lampu hijau untuk penggunaan vaksin Pfizer-BioNTech pada Senin (21/12/2020), yang membuka jalan bagi penyuntikan pertama di 27 negara Benua Biru setelah Natal.

Baca juga: Presiden Perancis Macron Konfirmasi Positif Covid-19, Tambah Daftar Pejabat Negara Terinfeksi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com